Sukses

Ilmuwan: Menangisi Mantan Bantu Anda Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda, menangis sebenarnya adalah cara lain untuk mengontrol berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut para ilmuwan, rata-rata seseorang menangis sekitar 16,5 galon air mata selama hidup mereka. Beberapa orang lebih suka menyimpan emosi dan malu untuk menunjukkannya. Namun tahukah Anda, menangis sebenarnya adalah cara lain untuk mengontrol berat badan.

Beberapa dari Anda mungkin tak percaya bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dengan membiarkan emosi keluar. Banyak dari kita yang tahu bahwa saat stres, Anda akan makan lebih banyak. Lalu bagaimana caranya berat badan bisa turun?

Semua ternyata tergantung di mana akhirnya kortisol berada. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres. Ini biasanya dikaitkan dengan obesitas.

Hormon ini sejatinya membantu kita melawan apapun yang menegangkan atau mengganggu. Namun, di zaman modern, saat ini orang tidak secara fisik berjuang untuk bertahan hidup, melainkan duduk di meja kantor. Memendam kemarahan dan frustasi terhadap pekerjaan, bos, teman kerja, atau hal lainnya.

Sebagai akibatnya, tubuh berpikir bahwa kita telah menggunakan sejumlah kalori untuk mengatasi stres dan perlu mengisi bahan bakar. Padahal, kita sama sekali belum melakukannya.

Di sisi lain, ilmuwan telah menemukan bahwa air mata emosional mengandung hormon yang meningkatkan kadar kortisol. Mereka adalah prolaktin, leu-enkephalin, dan adrenokortikotropin (ACTH). Semua ini diproduksi ketika kita berada di bawah banyak tekanan.

Jadi ketika kita tidak menekan emosi kita dan secara fisik menangis, hormon-hormon ini dilepaskan dan tingkat kortisol berkurang. Akibatnya, tubuh mendapat sinyal tak perlu menahan lemak karena situasi stres sudah berakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu terbaik menangis untuk menurunkan berat badan

Sekarang Anda tahu, bahwa stres menyebabkan berat badan bertambah hanya akan terjadi bila kita tak tahu bagaimana cara menurunkan kadar kortisol kita. Maka bila ingin berat badan tak bertambah saat stres, menangislah.

Melansir Brightside.me, ilmuwan juga menambahkan bahwa waktu terbaik untuk menangis tersedu-sedu adalah sekitar pukul 7-10 malam. Ini adalah saat di mana orang-orang cenderung bersama orang-orang yang mereka sukai atau menonton film yang dapat membuat mereka menangis.

Jadi, jika hubungan asmara Anda berakhir atau mengalami masa sulit dalamnya, cobalah untuk melepaskannya. Sesi menangis adalah metode paling efektif untuk menenangkan pikiran dan memikirkan hubungan tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini