Waspada Mulut Terasa Tidak Enak, 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Oleh Sulung Lahitani pada 13 Jun 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi Lidah (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Rasa tidak enak di mulut mungkin merupakan gejala dari sesuatu yang berbahaya atau malah serius. Apakah itu rasa pahit, asam, logam, atau manis, semuanya perlu diwaspadai.

Berikut ini beberapa penyebab yang membuat Anda merasakan rasa aneh di mulut seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Alami infeksi jamur

Ini juga disebut oral thrush dan itu mempengaruhi mulut, menciptakan bintik-bintik putih pada tenggorokan dan lidah. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Candida albicans yang secara alami terdapat di mulut dan dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh.

Saat sistem kekebalan tubuh melemah, bakteri ini menyebabkan infeksi. Rasa aneh di mulut adalah saat mereka menyerang, selain bintik-bintik putih tentunya.

2. Tubuh kekurangan zinc/seng

Jika tubuh kekurangan zinc, Anda pasti mengalami rasa aneh di mulut. Menurut ilmuwan, ini terjadi karena zinc meningkatkan kadar glutin, sejenis protein yang mengontrol selera.

 

2 of 3

3. Diabetes

Diabetes
Ilustrasi penyebab diabetes/copyright shutterstock

Jika tubuh mengalami kesulitan mengatur kadar gula dalam darah, Anda mungkin mengalami rasa manis yang aneh di mulut. Alasan lainnya, terkadang diabetes dapat menurunkan jumlah sel yang diserap, membuat mulut terasa seperti memakan sesuatu yang pahit.

4. Tingkat stres yang tinggi

Kecemasan dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai xerostomia atau mulut kering. Efek ini disebabkan oleh jumlah air liur yang rendah di mulut.

Saat gugup, khawatir, atau cemas, Anda cenderung menghasilkan lebih sedikit air liur. Padahal jika produksi air liur kurang dari yang dibutuhkan, mulut akan merasakan sensasi aneh.

5. Pengaruh obat yang diminum

Jika Anda mengonsumsi jenis obat tertentu, Anda mungkin pernah mengalami rasa pahit, asin, atau bahkan rasa logam di mulut. Ini biasanya merupakan efek samping dari obat seperti antibiotik, anti-inflamasi, dan lainnya.

 

3 of 3

6. Anda mungkin hamil

Mual saat hamil
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebagian besar wanita hamil mengeluh tentang rasa logam di mulut. Ini terjadi karena perubahan hormon yang dialami tubuh. Ini biasanya hilang pada trimester ketiga.

7. Flu atau pilek biasa

Jika lidah terasa pahit disertai flu atau pilek, jangan khawatir, ini normal. Menurut ilmuwan, mereka buat sistem kekebalan tubuh waspada dan siap untuk melawannya dengan produksi protein.

8. Kebersihan mulut yang kurang terjaga

Mulut adalah rumah bagi banyak jenis bakteri, baik dan buruk. Jika mulut tidak bersih, Anda akan membiarkan bakteri berbahaya berkembang biak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓