Para Ibu, Ini Panduan Mencuci Buah dan Sayuran yang Benar

Oleh Liputan6dotcom pada 17 Jun 2019, 09:00 WIB
sayur

Liputan6.com, Jakarta Perdebatan mengenai cara mencuci produk makanan memang tidak akan ada habisnya. Sebagian orang merasa mencuci produk makanan menggunakan air saja sudah cukup.

Namun, sebagian orang lain percaya bahwa mencuci menggunakan air saja tidak cukup. Mereka berpendapat, untuk membersihkan produk makanan dari kotoran, llin, dan bahan kimia lainnya adalah dengan mencuci dengan sabun.

Tentu masih ada banyak orang yang sering meributkan hal tersebut. Namun satu hal yang jelas adalah kita harus membersihkan buah dan sayuran menggunakan air dan menggosoknya dengan benar.

Di balik keharusan tersebut, tentu masih ada banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membersihkannya dengan benar. Berikut adalah beberapa panduan untuk mencuci buah dan sayuranmu dengan benar dan bersih.

Alasan Mengapa Kita Harus Mencuci Buah

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa kita harus mencuci buah dan sayuran menggunakan air.

Pertama, ada banyak sekali kotoran yang menempel pada buah dan sayur yang baru dibeli. Tentu saja tidak akan ada orang yang suka memakan kotoran pada buah dan sayur. Kedua, banyak buah dan sayuran yang disemprot dengan pestisida. Tentu saja zat tersebut tidak aman untuk dikonsumsi.

Namun, alasan penting untuk mencuci buah dan sayuran adalah untuk melindungi diri dari penyakit bawaan makanan dan juga bakteri, seperti E. Coli.

 

 

2 of 2

Inilah Cara yang Benar Untuk Mencuci Buah dan Sayur

[Bintang] Nggak Ribet, Ini Cara Cuci Buah dan Sayuran dalam Sekejap
Nggak perlu buang waktu. Kamu bisa cuci buah dan sayuran dalam sekejap dengan cara ini. (Via: truthnhealth.com)

Mulailah dengan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air. Pastikan tidak ada mikroba yang ditransfer dari tanganmu ke buah ataupun sayuran. Saat mencuci, gunakan air yang mengalir dan gosok buah-buahan serta sayuran dengan tangan.

Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan mikroorganisme dari permukaan buah dan sayur. Untuk mencuci buah atau sayur dengan permukaan yang keras, kamu bisa menggunakan sikat sayuran untuk menggosok permukaan tersebut.

Hindari air panas untuk mencegah mikroorganisme memasuki batang atau ujung buah dan sayur. Namun, hindari menggunakan produk pembersih apa pun untuk mencuci buah dan sayur.

Ada juga yang mengatakan bahwa menambahkan soda kue ke dalam air, dapat membantu menghilangkan residu pestisida. Jika kamu mencuci sayuran hijau seperti kol dan selada, buang bagian luar sayuran tersebut sebelum dicuci.

Setelah buah dan sayur direndam selama lima menit di dalam campuran air dengan soda kue, bilas menggunakan air dingin dan keringkan. Hal yang harus diingat adalah, tidak semua jenis buah dan sayuran bisa dicuci menggunakan air dan soda kue.

Untuk buah dan sayuran yang agak lunak, jangan rendam terlalu lama di dalam larutan air dan soda kue.

Beberapa Tips Lain

Tidak semua buah yang telah dicuci, akan kamu makan secara langsung saat itu juga. Pasti ada beberapa yang kemudian disimpan di dalam lemari es untuk beberapa hari ke depan.

Meskipun buah tersebut telah dicuci dan disimpan di dalam lemari es, tetapi kamu harus mencucinya lagi sebelum dikonsumsi. Hal yang sama juga berlaku untuk sayuran yang disimpan di lemari es.

Ingatlah untuk selalu mencuci tanganmu menggunakan sabun dan air. Cuci terlebih dahulu buah-buahan dan sayuran sebelum dikonsumsi atau dikupas.

Saat dicuci di bawah air mengalir, pastikan untuk menggosoknya secara perlahan. Jika buah dan sayuran yang dicuci memiliki tekstur yang keras, gunakan sikat khusus untuk mencucinya.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓