6 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kamu Makin Cerdas

Oleh Liputan6dotcom pada 10 Jun 2019, 14:00 WIB
Anak membaca buku (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan adalah sesuatu yang tidak memiliki batas. Otak manusia dapat menerima informasi dan pengetahuan dalam jumlah yang tidak terbatas. Dengan demikian, kamu bisa menjadi lebih cerdas melampaui perkiraanmu.

Saat kamu menjadi lebih cerdas, kamu akan mulai merasakan perbedaan dalam dirimu. Kamu akan menjadi lebih percaya diri di antara teman sebayamu.

Kamu juga tidak akan mudah merasa panik di dalam situasi tertentu, karena kamu bisa mengatasi masalah dengan mudah. Untuk membantumu menjadi lebih cerdas dan meningkatkan rasa percaya dirimu, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Menghidrasi Tubuh Setiap Pagi

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah bangun tidur pada pagi hari adalah meminum dua gelas air mineral. Saat tidur sepanjang malam, kamu akan mengalami dehidrasi.

Beberapa gelas air yang kamu konsumsi di pagi hari, akan membantu menjaga organ di dalam tubuh agar tetap berjalan. Beberapa riset pun telah membuktikan bahwa tubuh yang terhidrasi, akan mampu melakukan tugas dengan lebih baik.

Pastinya kamu tidak ingin menjalani sisa harimu dengan tubuh dan otak yang dilanda dehidrasi, bukan?

2. Minum Teh Hijau

Sekarang, kebanyakan orang cenderung lebih memilih kafein sebagai stimulan mereka saat bekerja. Meskipun dapat bekerja dengan baik, tetapi kafein cenderung membuat seseorang menjadi mudah cemas.

Kafein juga dapat menyebabkan kamu terjaga di malam hari dan menghambat waktu tidurmu. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba meminum teh hijau.

Meminum teh hijau merupakan kebiasaan yang baik, apalagi jika dikonsumsi saat bekerja. Teh hijau, terutama teh Matcha, memiliki kandungan I-theanine yang menyebabkan peningkatan gelombang otak alfa.

Zat tersebut juga dikenal dapat membuat tubuh menjadi rileks tanpa menyebabkan rasa kantuk.

2 of 2

3. Tidur Siang

Ilustrasi tidur siang (iStockphoto)
Ilustrasi tidur siang (iStockphoto)

Saat kecil, kamu pasti pernah membenci tidur siang. Namun, ternyata tidur siang sangat penting bagi para orang dewasa. Tidur siang di tengah hari diketahui dapat meningkatkan efisiensi pikiran manusia.

Tidur siang juga dapat menyegarkan pikiran. Sehingga memungkinkanmu untuk bekerja dengan lebih baik dan dapat menampung lebih banyak pengetahuan. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah sekitar pukul 3 sore. Kamu juga bisa tidur siang setelah melakukan olahraga.

4. Bermain Games

Ketika kamu menonton sebuah acara hiburan di televisi, kamu akan menerima banyak informasi yang seringkali tidak berguna. Mungkin memang benar acara tersebut menghibur, tetapi tidak banyak berguna bagi kehidupanmu.

Berbeda jika kamu bermain video games. Saat bermain video games, secara tidak sadar kamu sedang merangsang otakmu untuk melakukan sesuatu yang produktif.

Anggaplah kegiatan tersebut sebagai latihan yang menyenangkan bagi otakmu. Itu karena, bermain video games membutuhkan fokus dan memerlukan tindakan spontan dari pemain.

Hal itu dapat melatih otak dan memberikan dampak yang bagus. Sekarang, kamu memiliki alasan yang bagus untuk bermain video games.

5. Membaca Buku

Hal ini tidaklah mengherankan. Buku adalah sumber informasi yang sangat bagus. Seperti pepatah, "Buku adalah jendela ilmu," kamu tidak akan pernah merasa cukup untuk menerima banyak pengetahuan baru.

Saat kamu membaca buku, buku juga bertindak sebagai sumber latihan yang bagus untuk otak. Itu karena, buku dapat memberikan banyak informasi dan sebagian besar waktumu akan disibukkan untuk menciptakan citra dari apa yang terjadi di dalam buku. Intinya, buku adalah bentuk stimulan yang hebat bagi otakmu.

6. Menghabiskan Waktu dengan Seseorang yang Lebih Pintar

Seperti pepatah lama yang mengatakan, "Tidak peduli seberapa pintar kamu saat ini, akan selalu ada orang yang lebih pintar darimu." Gunakanlah pepatah tersebut sebagai acuanmu.

Kamu bisa berteman atau bergaul dengan seseorang yang lebih pintar darimu. Saat berkumpul, cobalah untuk mengikuti kebiasaan mereka dalam lmelakukan suatu hal.

Selain itu, cobalah lihat persepsi mereka saat menanggapi suatu kejadian. Hal tersebut dapat memperlas pikiranmu dan memberikan pandangan baru pada berbagai hal.

Ketika kamu menghabiskan waktu dengan orang lain yang lebih pintar, sifat mereka akan sedikit "mengganggumu" dan hal tersebut bisa menjadi hal yang bagus.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓