Sukses

Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Santan Bagi Kesehatan

Nyatanya ada banyak manfaat santan untuk kesehatan, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Saat lebaran ada begitu banyak makanan berbahan dasar santan. Memang santan yang berasal dari kelapa kerap kali dianggap sebagai bahan makanan yang bisa memicu berbagai penyakit serius, mulai dari peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung.

Namun nyatanya tanggapan tersebut tidak sepenuhnya benar loh, hal ini lantaran santan kelapa juga memiliki kandungan baik untuk kesehatan. Berikut deretan manfaat santan bagi kesehatan:

Turunkan Kolesterol

Tahukah kalian bahwa santan murni yang belum tercampur dengan bahan lain tidak mengandung kolesterol yang tinggi? Ya, risiko kolesterol akan tinggi apabila santan telah dicampur dengan bahan lain yang seperti daging, telur, atau jeroan. Santan murni sebenarnya menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baik untuk Kulit

Terdapat kandungan nutrisi pada santan seperti vitamin C, E, B6, dan zat bei baik untuk kesehatan kulit. Khasiat santan untuk kulit mulai sebagai pelembap alami, mencegah timbulnya jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Selain dikonsumsi, santan juga dapat menjadi bahan untuk masker loh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tingkatkan Imun

Manfaat lain santan yang jarang diketahui bagi kesehatan ialah dapat membantu menjaga kekebalan atau imunitas tubuh dari penyakit. Hal ini lantaran santan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan lain yang terkandung dalam santan murni yakni asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba berfungsi sebagai penangkal bakteri dan virus yang dapat masuk ke tubuh, seperti influenza.

Penting untuk Tulang

Tak hanya susu, sejumlah kalsium dan fosfor yang terkandung dalam santan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Meminum santan murni dapat menurunkan risiko patah tulang, osteoporosis, hingga rematik.

Turunkan Berat Badan

Selama ini mungkin banyak yang mengatakan bahwa santan bisa menyebabkan kegemukan. Hal itu benar apabila santan dikonsumsi dengan campuran makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun berbeda dengan santan murni. Santan murni mampu menekan rasa lapar dan mencegah keinginan untuk makanan yang mengandung lemak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.