Tips Bikin Ketupat Pulen dan Tak Cepat Basi

Oleh Camelia pada 04 Jun 2019, 18:30 WIB
ketupat

Liputan6.com, Jakarta Ketupat menjadi menu andalan saat Lebaran. Ya, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu menghidangkan ketupat di Hari Raya Idul Fitri. Ketupat biasanya akan dihidangkan bersama dengan opor ayam atau rendang.

Nyatanya memasak ketupat bisa dibilang susah-susah gampang dan memang perlu cara serta tekniknya sendiri. Selain pemilihan janur dan beras yang baik, kita juga perlu memperhatikan cara merebusnya. Untuk membuat ketupat yang empuk dan tahan lama nampaknya kalian harus memperhatikan hal-hal berikut:

Beras

Hal utama yang harus diperhatikan ialah pilih beras yang pulen. Rendam beras dalam air dingin selama 1 jam. Lalu tiriskan hingga kering. Isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat.

2 of 2

Selanjutnya

Jelang Lebaran, Pedagang Kulit Ketupat Mulai Kebanjiran Pembeli
Pedagang memilah kulit ketupat di Pasar Palmerah, Jakarta, Rabu (2/6). Jelang lebaran penjualan kulit ketupat mulai ramai, omsetnya melonjak hingga 10 kali lipat. (Liputan6.com/Faizal Fanai)

Cara Merebus

Jika kalian menggunakan panci biasa, pilih panci besar. Kemudian isi air dan masak hingga air mendidih. Baru setelah itu, masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Jika air menyusut, tambahkan lagi air mendidih supaya suhunya tetap stabil.

Dengan cara ini, kalian butuh waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak. Setelah ketupat matang, tiriskan lalu angin-anginkan terlebih dahulu supaya ketupat lebih tahan lama.

Cara Penyimpanan

Kalian bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Untuk menghangatkannya kembali, kalian bisa mengukusnya (jangan direbus). Ketupat yang masih utuh lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓