6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Merayakan Lebaran

Oleh Liputan6dotcom pada 04 Jun 2019, 10:00 WIB
yang berlalu

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya Idul Fitri atau lebaran menjadi momen spesial yang ditunggu seluruh umat muslim. Momen yang diartikan sebagai hari kemenangan ini, dapat mempererat tali silaturahmi yang terjalin di antara sanak saudara, rekan, dan juga tetangga.

Pada hari tersebut, semua orang akan menampilkan versi terbaik dari dirinya dengan mengenakan berbagai pernak pernik serba baru. Selain itu, momen ini juga dirayakan dengan berbagai sajian khas yang ada saat lebaran. Semua yang ada pada hari raya Idul Fitri memang harus terlihat sempurna. Pasalnya, hampir semua orang merayakan Idul Fitri bersama dengan orang yang mereka sayang dan kasihi.

Tentu ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk membuat momen lebaran menjadi berkesan dan lebih bermakna. Berikut ulasannnya. 

1. Membaca Takbir

Cara yang paling khas bagi umat muslim dalam merayakan Idul Fitri adalah dengan membaca takbir. Biasanya pembacaan takbir ini dimulai pada malam Idul Fitri (saat hilal sudah terlihat).

Pembacaan takbir ini tidak akan berhenti hingga pagi hari saat salat id akan dilaksanakan. Kamu pasti akan mendengarkan lantunan ini pada berbagai media dan juga pada masjid yang ada di dekat rumahmu.

Untuk merayakan hari kemenangan ini, kamu bisa ikut membaca takbir di mana pun dan kapan pun tanpa harus mengucapkannya dengan keras. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menikmati euforia Idul Fitri dengan lebih mendalam.

2. Tampilkan Versi Terbaik dari Dirimu

Sebelum pergi ke masjid untuk melaksanakan salat id, sebaiknya kamu telah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Kenakanlah pakaian terbaikmu, gunakan parfum dan aksesori, serta tunjukkan berbagai penampilan terbaik dari dirimu.

Penampilan terbaik tidak harus dengan menggunakan berbagai pakaian baru. Kamu juga bisa menggunakan pakaian lama yang masih bagus dan bersih untuk dikenakan saat lebaran. Jangan memaksakan sesuatu apabila kamu tidak nyaman untuk mengenakan dan menampilkannya.

2 of 2

3. Melaksanakan Salat Id

Ilustrasi salat
Ilustrasi salat (iStock)

Salat id merupakan ibadah yang sangat penting pada hari momen kemenangan ini. Salat sunah yang terdiri dari dua rakaat ini memungkinkan kamu untuk sekaligus bersilaturahmi dengan para tetangga.

Ada pula yang mengatakan untuk melewati jalan yang berbeda pada saat pergi dan pulang dari pelaksanaan salat id. Hal itu dilakukan agar kamu bisa bersilaturahmi dan bermaaf-maafan dengan lebih banyak orang di tengah perjalanan.

4. Memakan Makanan Lezat

Setelah pulang dari melaksanakan salat id, makanlah berbagai hidangan lezat khas lebaran. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, makanan manis hingga kaya rasa, dan berbagai makanan lainnya yang tersedia di dalam rumah.

Saat memakan hidangan yang ada, jangan lupa untuk bersyukur karena telah diberikan rezeki dan kenikmatan yang berlimpah pada hari tersebut.

5. Memberikan Hadiah

Salah satu tradisi rutin yang selalu dilakukan saat lebaran adalah memberi hadiah. Biasanya, hadiah yang diberikan berupa uang tunai dengan nominal yang bervariasi.

Meskipun kebanyakan yang menerima hadiah ini adalah anak-anak kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan jika para orang dewasa juga bisa mendapat hadiah ini. Terlebih jika sedang berkumpul dengan keluarga besar. Namun, hal yang harus selalu diingat adalah hadiah terbaik yang bisa didapatkan pada saat lebaran adalah sebuah momen kebersamaan.

6. Mengunjungi Sanak Saudara

Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan saat momen lebaran adalah mengunjungi kerabat dekat, tetangga, dan juga teman. Sapa dengan salam, berikan ucapan selamat lebaran, serta jangan lupa untuk bermaaf-maafan dan berbagi kebahagiaan pada momen spesial ini.

Kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan antara sesama manusia. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengunjungi saudara atau teman yang sedang sakit.

Saat lebaran, kamu juga harus mengunjungi para orang tua untuk menjalin silaturahmi. Pastikan juga kamu melakukan kegiatan nyekar di areal pemakaman untuk memberikan rasa hormat bagi mereka yang telah mendahului kita.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap