Sambut Idul Fitri, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Agar Lebih Bermakna

Oleh Liputan6dotcom pada 04 Jun 2019, 13:30 WIB
Kado

Liputan6.com, Jakarta Hari raya Idul fitri sudah di depan mata! Beberapa hari sebelum hari raya Idul fitri biasanya dirayakan dengan agenda libur nasinal yaitu cuti bersama. Sehingga, seluruh anggota keluarga dapat berkumpul di rumah dan bersama-sama merayakan beberapa hari terakhir bulan Ramadan.

Berbagai aktivitas yang padat sebelu menyambut hari kemenangan, membuat beberapa orang bahkan tidak sadar bahwa Idul fitri tinggal hitungan hari. Hal itu membuat beberapa orang menjadi panik dan bahkan kebingungan mengenai hal apa yang harus pertama kali dilakukan untuk mempersiapkan hari raya.

Untuk membantu persiapanmu dalam menyambut hari raya, simaklah beberapa tips berikut ini.

1. Persiapkan Hadiah

Kamu bisa mulai mempersiapkan berbagai hadiah lebaran mulai dari sekarang. Baik itu kartu ucapan, amplop khas lebaran, ataupun hadiah spesial untuk keluarga tercinta.

Untuk memeriahkan acara yang akan diselenggarakan pada hari raya, kamu juga bisa mulai menyiapkan beberapa makanan ringan, seperti permen.

2. Membersihkan Rumah

Hal yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan hadiah lebaran adalah membersihkan seisi rumah. Ini merupakan hal yang penting dilakukan oleh semua orang.

Pasalnya, pada hari raya rumah akan dipenuhi dan dikunjungi oleh para tetangga dan sanak saudara. Tentu saja saat menyambut tamu, rumah harus dalam keadaan yang bersih, rapi, dan wangi.

Jangan lupa juga untuk membersihkan kaca jendela dan mencuci gorden serta tampak meja. Kamu harus memastikan setiap sudut rumahmu bersih dan wangi.

Dengan membersihkan rumah, kamu juga telah menjalankan salah satu ungkapan yang berbunyi, "Kebersihan adalah sebagian dari iman".

3. Membuat Dekorasi

Meskipun tidak banyak, tetapi masih ada beberapa orang yang suka mendekorasi rumah mereka untuk menyambut hari kemenangan. Jika kamu salah satunya, maka kamu bisa mulai mendekorasi rumahmu mulai dari sekarang.

Dekorasi yang kamu buat pun tidak harus mewah. Sebagai bahan referensi, kamu bisa mencari ide dekorasi dari berbagai tutorial bertajuk Do It Yourself. Biasanya, bahan-bahan yang digunakan pada tutorial tersebut lebih mudah dicari dan memiliki harga yang terjangkau.

Dekorasi ini bisa kamu letakkan di halaman, pintu, ruang tamu, atau tempat lain di dalam rumahmu.

2 of 2

4. Membuat Kue

kue nastar
Tips membuat kue nastar./Copyright shutterstock.com

Rasanya, Idul fitri tidak akan lengkap tanpa dihiasi berbagai macam hidangan kue kering. Kamu bisa mulai membeli berbagai macam kue khas lebaran mulai dari sekarang.

Namun, jika kamu lebih suka membuat kue sendiri, kamu juga bisa mulai membuat kue tersebut mulai dari sekarang. Saat membuat kue, kamu harus bisa mengatur waktu dengan sangat baik.

Pasalnya dalam membuat satu macam kue, kamu akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan ketelitian yang tinggi.

5. Menyiapkan Pakaian Terbaik

Persiapkan pakaian terbaik yang kamu punya, untuk digunakan saat hari lebaran. Tenang saja, pakaian yang digunakan tidak harus selalu baru.

Asalkan pakaian tersebut masih bagus, bersih, dan nyaman, kamu bisa menggunakannya pada saat lebaran. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan parfum favoritmu, ya!

6. Jangan Lupakan Tetangga

Di tengah euforia dalam menyambut hari kemenangan, jangan sampai kamu melupakan tetanggamu. Apa pun latar belakang dan keyakinan yang dianut, kamu tentu harus ikut berbagi kebahagiaan kepada tetanggamu.

Kamu bisa memberikan beberapa kue atau permen sebagai persiapan dalam menyambut Idul fitri. Jika kebetulan tetanggamu sedang mengalami kesulitan, kamu juga bisa sedikit memberi bantuan kepada mereka sesuai dengan kemampuanmu.

Jangan sampai kamu melupakan tetanggamu karena terlalu sibuk memikirkan berbagai kebutuhan diri sendiri. Bagaimanapun, berbagi kepada sesama merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

7. Membuat Hidangan Khas

Selain berbagai kue kering, kamu juga sudah bisa mulai membuat berbagai hidangan khas lebaran. Mulai dari ketupat, lontong, hingga opor ayam atau berbagai hidangan khas lebaran lainnya.

Jika masih dirasa terlalu cepat, kamu bisa mulai mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat hidangan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menyiapkan berbagai hidangan tersebut dan tida merasa terburu-buru saat memasak.

Apalagi pusat perbelanjaan akan dipenuhi oleh banyak orang saat mendekati lebaran. Jika kamu menyediakan stok bahan makanan, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan-bahan tersebut.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by