Ditulis Saat Sakit, Surat Cinta Ani Yudhoyono untuk SBY Ini Bikin Haru

Oleh Sulung Lahitani pada 02 Jun 2019, 13:02 WIB
[Fimela] Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono menyisakan duka yang mendalam. Selama hidupnya, ibu negara itu dikenal sebagai sosok wanita yang kuat. Wali Kota Surabaya, Risma bahkan menyebut almarhumah sebagai sosok yang memotivasi dirinya.

Di sisi lain, kisah cinta pasangan SBY dengan Ani Yudhoyono menginspirasi banyak orang. Ketabahan keduanya dalam menghadapi penyakit kanker darah yang diderita oleh Ani Yudhoyono, menyentuh hati banyak orang.

Putra sulung pasangan tersebut, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pernah menceritakan soal surat cinta yang ditulis oleh Ani Yudhoyono untuk suaminya tercinta. Dalam wawancara dengan salah satu program televisi swasta pada Februari lalu, AHY menuturkan bahwa ia mengetahui hal tersebut dari sang istri, Annisa Pohan.

Menurut AHY, kala itu Annisa mengiriminya sebuah foto disertai surat yang ditulis Ani untuk SBY. Dalam secarik surat itu, Ani Yudhoyono mengungkapkan betapa besar rasa cintanya kepada sang suami.

Ani merasa bahagia dan beruntung saat berada di sisi SBY. Tapi, ia juga menyampaikan permintaan maaf karena merepotkan sang kekasih saat dirinya divonis kanker darah.

 

2 of 2

Isi suratnya

Kesetiaan SBY Menemani Ani Yudhoyono Melawan Kanker
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan sang istri Ani Yudhoyono melihat dari balik kaca saat menjalani pengobatan di National University Hospital, Singapura. (Liputan6.com/HO)

"

Pepo, I always happy beside you. Thank you, Pepo. Coba buat lagunya, Po.

Ketika pertama ketahuan penyakit darah yang saya derita, saya bilang 'Pepo, maafkan saya merepotkan Pepo.' Spontan Pepo menjawab, 'Maafkan Pepo yang tidak bisa menjaga Memo.'

Suami-istri memang harus saling menjaga. I love you, Pepo.

"

Demikian isi surat tersebut yang diceritakan oleh AHY. Bagi AHY, percakapan dengan bapaknya tersebut amat bernilai dan membuatnya haru.

"Menurut saya, luar biasa nilainya. Saya terharu sekali. Benar-benar manual," pungkas AHY.

Setelah disemayamkan di Pendopo Cikeas untuk memberikan kesempatan pada masyarakat yang akan membeikan penghormatan terakhir, almarhumah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata siang ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓