5 Makanan yang Bisa Cegah Mabuk Pejalanan Saat Mudik

Oleh Liputan6.com pada 01 Jun 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 03 Jun 2019, 12:13 WIB
Ilustrasi mabuk perjalanan

Liputan6.com, Jakarta - Mudik memang telah menjadi tradisi khas masyarakat Tanah Air menjelang Idul Fitri. Sebelum melakukan mudik, biasanya banyak hal dipersiapkan agar perjalanan bisa dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan.

Kondisi tubuh tentu menjadi hal terpenting ketika ingin melakukan mudik. Nah, agar terhindar dari mabuk perjalanan, kamu pasti mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan. Selain itu, kamu juga dapat menghindari mabuk perjalanan dengan mengonsumsi makanan ini.

Nah, penasaran apa saja? Berikut lima makanan pencegah mabuk perjalanan.

1. Jeruk

Buah jeruk dipercaya mengurangi mual karena perjalanan. Rasanya yang segar akan membantu mulut menjadi lebih segar dan mengurangi rasa mual. Kamu dapat mengonsumsi jeruk secara langsung atau menjadikannya jus jeruk.

2. Pisang 

Tidak hanya rasanya yang enak, buah pisang baik untuk mencegah mabuk perjalanan. Pisang mempunyai jumlah kalium dan protein yang cukup tinggi, yang mampu mengembalikan kebutuhan mineral dalam tubuh yang hilang serta nutrisi yang terbuang. Makan pisang 1-2 buah mampu mengurangi rasa mual dan mengembalikan energi.

3. Jahe

Jahe memang mampu membuat tubuh terasa hangat. Selain itu, jahe ternyata ampuh mengatasi mual perjalanan lo. Jadi, usahakan minum air jahe sebelum melakukan mudik agar kamu terhindar dari mabuk perjalanan, apalagi saat momen menyebalkan seperti macet.

 

 

2 of 2

4. Madu dan Air Lemon

Dua bahan alami ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah mabuk perjalanan. Kandungan nutrisinya membantu menetralisir racun, dan meningkatkan stamina saat perjalanan mudik.

5. Air Kelapa

Air kelapa memang dikenal ampuh membantu menetralisir racun dalam tubuh. Jadi, jika kamu mabuk perjalanan sebaiknya segera minum air kelapa agar mabuk kamu segera reda. 

Reporter: 

Ayu Puji Lestari

Lanjutkan Membaca ↓