Tak Kalah Seru, Seperti Ini Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara

Oleh Camelia pada 05 Jun 2019, 08:00 WIB
Sajian Idul Fitri

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri usai sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Lebaran tentu menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak umat muslim. Para perantau pun telah dari jauh hari kembali ke kampung halaman demi bisa merayakan Lebaran dengan sanak keluarga.

Pada hari ini biasanya mereka berkumpul bersama keluarga besar untuk merayakannya. Saat Lebaran, masyarakat Indonesia biasanya masak ketupat dengan beragam lauk khas Lebaran seperti opor ayam dan rendang.

Nyatanya negara lain dengan penduduk mayoritas beragama Islam juga memiliki tradisi Lebaran yang tak kalah seru loh. Seperti apa?

Arab Saudi

Usai salat Id, masyarakat di Arab Saudi biasanya merayakan Idul Fitri dengan mengadakan pertunjukkan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik dan tari.

2 of 2

Turki

Ilustrasi idul fitri
Ilustrasi idul fitri (sumber: istockphoto)

Idul Fitri di Turki dikenal dengan istilah "Bayram". Nah, saat Lebaran masyarakat di sana akan mengenakan pakaian khas yang disebut Bayramlik. Mereka juga melakukan tradisi silaturahmi ke tetangga atau kerabat terdekat saat Hari Raya Idul Fitri sama seperti di Indonesia loh. Hanya saja ketika salat Id hanya kaum pria yang pergi ke masjid.

Afghanistan

Di Afghanistan ada sebuah tradisi unik bernama Tokhm-Jangi atau perang telur saat Hari Raya Idul Fitri. Usai salat Id, orang-orang akan berkumpul di taman dan saling memecahkan telur rebus milik orang di sekitarnya.

Suriname

Ada hal unik dari negara ini, pasalnya sebagian penduduk Suriname merupakan keturunan asli Jawa. Hal ini membuat penanggalan Idul Fitri di Suriname dilakukan dengan perhitungan ala Primbon, peninggalan nenek moyang suku Jawa.

Reporter: Fitriandiani

Sumber: Fimela.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓