Sukses

4 Cara Sederhana Menjaga Kesegaran Buah Tahan Lebih Lama

Berbagai tips ini akan membantu kamu dalam menjaga buah agar kesegarannya bertahan lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Buah-buahan menjadi makanan yang sehat dan memiliki rasa yang enak. Buah-buahan memiliki kandungan vitamin, serat, dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan gula alami yang ada di dalamnya juga dapat memberikan banyak energi bagi tubuh. Buah merupakan camilan terbaik yang dapat dikonsumsi kapan saja.

Di balik banyaknya manfaat yang ada di dalam buah, sangat disayangkan jika buah bisa membusuk dengan begitu cepat. Perubahan warna hingga perubahan rasa alami buah akan sangat mengganggu selera makan.

Belum lagi, bau yang ditimbulkan ketika buah tersebut busuk. Untuk mengatasinya, cobalah beberapa tips berikut agar buah yang kamu beli, bisa segar dengan lebih lama.

1. Merawat Apel

Sebagian besar apel biasanya akan bertahan setidaknya selama satu minggu setelah dibeli. Namun, ternyata kamu bisa menyimpannya lebih lama dari itu.

Caranya adalah dengan membungkus setiap apel menggunakan kertas tisunya dan letakkan dengan hati-hati di dalam laci sayuran di dalam kulkas. Pastikan kamu tidak membuka laci sayuran tersebut dengan terlalu kasar, karena akan menyebabkan apel menjadi lunak, memiliki bercak cokelat, dan akhirnya membusuk.

Jika kamu menyimpan apelmu di dalam lemari es, apel tersebut akan tetap bagus, segar, dan tidak berubah menjadi pucat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Mengeringkan Buah

Tentu saja buah harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan. Namun, banyak orang yang mencuci semua buah yang dibeli dan hanya memakan beberapa saja.

Sisanya, tentu akan dimasukkan ke dalam kulkas. Namun, jangan lakukan hal ini, karena buah yang lembap akan menyebabkan buah tersebut berjamur lebih cepat. Jika ingin menyimpan buah di dalam kulkas, pastikan buah tersebut ada dalam keadaan benar-benar kering.

3. Manfaatkan Cuka

Setelah membeli beberapa buah segar, letakkanlah semuanya di dalam wastafel. Penuhi wastafel dengan air dan tambahkan satu cup cuka.

Cuka akan membantu menghilangkan lilin dan berbagai kotoran lain yang menempel pada kulit buah. Cuka juga akan mencegah jamur berkembang dan dapat memastikan buah tetap segar dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tambahkan juga satu sendok teh garam ke dalam air. Garam akan membantumu membunuh serangga kecil yang ada di dalam buah. Biarkan buah terendam selama sepuluh menit.

Kemudian bilas semua buah tersebut dan keringkan dengan handuk atau kertas tisu. Cara tersebut akan membantu buah bertahan hingga dua kali lebih lama dari biasanya.

4. Jangan Terlalu Mengandalkan Kulkas

Sebagian besar buah-buahan memang dapat disimpan di luar lemari es dan bentuknya bisa tetap terjaga. Namun, ada juga beberapa buah yang bahkan akan kehilangan rasa alaminya saat disimpan di dalam lemari es.

Beberapa jenis buah memang tidak cocok untuk disimpan di dalam lemari es. Meskipun ada juga beberapa buah yang proses pematangannya menjadi melambat ketika disimpan di dalam lemari es.

Beberapa buah musiman yang khas, seperti stroberi, rasberi, dan ceri memang akan sangat baik jika disimpan di dalam lemari es. Hal itu juga berlaku bagi anggur dan beberapa buah lain yang sudah dipotong. Jadi, jangan menyimpan semua buahmu di dalam kulkas, karena tidak semua buah bisa tetap segar di dalam suhu dingin.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.