Sukses

Makan Lebih Banyak Bawang, Ini 8 Manfaatnya Bagi Kesehatanmu

Tak banyak orang tahu, bawang memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bawang adalah salah satu makanan yang paling diremehkan di planet ini. Mereka lezat, menambahkan elemen pada hidangan.

Yang tak banyak orang tahu, bawang memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tambahkan beberapa bawang dalam makan malam. Bawang merah mengandung sifat anti-virus serta vitamin C.

2. Mengatur kadar gula darah

Orang yang menderita gula darah tinggi dapat mengonsumsi bawang merah bila perlu. Penelitian menunjukkan bahwa ekstra bawang dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah dan kadar kolestrol jika dipasangkan dengan obat anti-diabetes tertentu. Anda juga bisa menambahkan bawang dalam menu diet sebagai langkah pencegahan.

3. Mendapatkan lebih banyak nutrisi

Bawang merah selain penuh nutrisi juga rendah kalori. Beberapa vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya yakni: Vitamin C, B9, B6, serta Kalium.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Membantu merawat jantung

Bawang mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap pembekuan darah. Plus, antioksidan dalam bawang dapat mengurangi kadar kolestrol yang menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Membantu kesehatan pencernaan

Kesehatan usus sangat penting, itu sebabnya bawang baik ditambahkan ke dalam makanan Anda. Bawang penuh dengan serat dan prebiotik, yang meningkatkan kesehatan usus, sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan pencernaan.

6. Penuh dengan antioksidan

Bawang merah mengandung 25 varietas antioksidan flavonoid yang berrbeda yang dapat membantu kesehatan secara keseluruhan. Secara khusus, bawang merah mengandung anthocyanin yang mengurangi risiko penyakit jantung.

 

3 dari 3 halaman

7. Meningkatkan kepadatan tulang

Kepadatan tulang kerap dikaitkan dengan produk susu, tapi makanan seperti bawang juga memiliki manfaat yang sama. Kepadatan mineral dan aktivitas antioksidan dalam tulang terbukti meningkat di kalangan wanita yang minum 100 ml jus bawang setiap hari selama 8 minggu ketimbang yang tidaj.

Studi juga menunjukkan wanita tua yang makan lebih banyak bawang merah lebih kecil kemungkinannya mengalami tulang pinggul sebanyak lebih dari 20% ketimbang yang tidak.

8. Menyehatkan rambut, kulit, dan kuku

Bawang mengandung biotin yang menyehatkan rambut, kulit, dan kuku. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok, kulit kering dan bersisik, serta kuku rapuh.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.