4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, Kalian yang Mana?

Oleh Camelia pada 26 Mei 2019, 16:35 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:27 WIB
Ilustrasi Wanita

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda-beda. Ada baiknya kita mengetahui karakter diri masing-masing serta orang lain. Adapun tujuan untuk tipe kepribadian atau karakter diri adalah untuk mengoptimalkan perubahan diri ke arah yang lebih baik dan positif.

Sementara dengan kita mengetahui kepribadian seseorang bisa membantu memahami lawan bicara pada interaksi sosial dengan orang- orang sekitar. Menurut ilmu Psikologi, terdapat 4 kepribadian yang dimiliki manusia. Berikut ulasannya:

1. Koleris

Koleris dikenal sebagai tipe kepribadian yang memiliki semangat dan selalu optimis. Orang dengan kepribadian Koleris juga dikatakan keras kepala dan mudah marah. Mereka juga kerap kali tidak sabaran dan menyukai keributan hingga pertengkaran yang berujung perkelahian.

2. Melankolis

Orang dengan kepribadian Melankolis sering merasa khawatir dan mudah menyerah. Namun kelebihan Melankolis adalah seseorang yang analitis dan sangat kreatif. Walaupun begitu, si Melankolis kadang sering meremehkan diri mereka sendiri yang pada kenyataannya diri mereka tidak seburuk itu.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ilustrasi wanita karir
Tahun baru dapat menjadi momen untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Bagaimana cara mencapainya? (foto: shutterstock)

3. Plegmatis

Tak suka kekerasan dan selalu cinta damai adalah karakter khas dari seorang Plegmatis. Plegmatis juga seorang yang sering menyebarkan kebahagiaan lewat humor-humornya yang jenaka hingga membuat orang lain turut bahagia dibuatnya.

4. Sanguinis

Yang terakhir ialah Sanguinis. Selalu mendahulukan perasaan daripada pemikiran adalah karakter khas tipe Sanguinis. Selalu bersemangat dan hangat kepada setiap orang yang ia temui membuat dirinya dicintai banyak orang akibat keramahannya tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Kondisi Terkini Gunung Merapi Usai Erupsi