Pilu, Bayi Gajah Pingsan Dipaksa Temani Turis di Cuaca Panas

Oleh Sulung Lahitani pada 25 Mei 2019, 18:00 WIB
Pilu, Bayi Gajah Pingsan Dipaksa Temani Turis di Cuaca Panas

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menyayat hati menunjukkan seekor bayi gajah yang pingsan di Thailand Timur. Diduga, bayi gajah itu kelelahan setelah kepanasan di suhu 40 derajat Celcius sambil mengikuti induknya.

Ini menyebabkan kemarahan di kalangan pecinta binatang. Bayi gajah itu diikat ke induknya yang memberikan tumpangan ke wisatawan.

Mengutip dari Mail Online, video itu direkam oleh seorang turis Filipina yang menunjukkan binatang muda itu berguling-guling di tanah dengan kelelahan yang teramat ekstrem. Bayi gajah itu akhirnya berhasil berdiri ketika dibantu gajah dewasa di Nong Nooch Tropical Gardens.

Menurut si pengunggah video, bayi gajah itu dilaporkan telah berjalan di sekitar daerah itu bersama ibunya yang membawa wisatawan.

"Ada lebih banyak bayi gajah yang diikat dengan ibu mereka, berjalan-jalan dengan turis di punggung sang induk sementara gajah-gajah ini menderita," ujar turis yang tak disebutkan namanya itu.

"Bayi gajah yang satu itu sangat kelelahan dan kamu bisa melihat induknya mendorongnya untuk berdiri."

Turis yang berprofesi sebagai guru di Myanmar itu mengatakan dia menghabiskan liburannya di daerah itu bersama teman-teman ketika menangkap kejadian menyedihkan itu. Ia mengaku peduli dengan gajah-gajah tersebut dan ingin kesejahteraan mereka diperhatikan.

 

2 of 2

Respons Netizen

Pilu, Bayi Gajah Pingsan Dipaksa Temani Turis di Cuaca Panas
Doc: Nextshark.com

Video tersebut memicu kemarahan di kalangan netizen. Beberapa dari mereka menyalahkan wisatawan yang mendukung praktik tersebut dengan menyewa jasa gajah-gajah itu.

"Aku berharap orang-orang menolak untuk berpartipasi dalam kegiatan seperti itu ketika berlibur. Menyedihkan," tulis seorang netizen.

Sementara juru bicara Nong Nooch Tropical Gardens menyanggah bahwa gajah-gajah di sana kelelahan dan diperlakukan dengan buruk. Menurut juru bicara tersebut, semua gajah di sana dirawat dengan sangat baik.

"Jika ada masalah, mereka dirawat oleh dokter hewan. Semua bayi gajah di sini juga sehat," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓