7 Tips Menahan Diri dari Makanan Saat Berpuasa

Oleh Liputan6dotcom pada 27 Mei 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 19:13 WIB
Ilustrasi Makan

Liputan6.com, Jakarta - Saat berpuasa, sangat sulit rasanya untuk menahan diri saat berbuka puasa. Apalagi, jika semua hidangan favorit tersedia di atas meja makan. Di dalam situasi tersebut siapa yang tidak akan tergoda?

Akibatnya, kebanyakan orang akan makan secara berlebihan hingga merasa begah. Jika sudah begitu, tentu tubuh akan menjadi lemas dan tidak produktif.

Efek samping yang akan timbul setelahnya adalah rasa kantuk yang tak tertahankan. Hal tersebut tentu tidaak baik, karena akan mengganggu waktu untuk beribadah.

Jika kamu merasa sulit untuk mengendalikan diri saat berbuka, beberapa tips yang dirangkum dari Culture Trip ini mungkin akan membantumu.

1. Jangan Berlebihan

Masalah yang sering kali sulit dilakukan saat Ramadan adalah memakan makanan sehat. Saat berpuasa, kamu tentu merasa seperti kamu ingin menyantap seluruh makanan yang tersedia.

Namun, pada kenyataannya kamu akan merasa kenyang hanya dengan makan beberapa gigit saja. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk membuat pilihan yang lebih baik saat membuat makanan, jangan memasak atau membeli makanan terlalu banyak.

2. Menahan Diri

Saat merasa sangat lapar, tidak jarang kamu akan menyantap semua makanan yang ada. Bahkan, terkadang kamu melewati makanan ringan dan langsung melahap makanan berat.

Jika sudah begitu, kamu sudah tidak peduli lagi pada tubuhmu dan hanya mengikuti nafsumu saja. Biasanya, hal ini terjadi pada saat berbuka puasa di rumah.

Saat di rumah, saat berbuka puasa sering kali berubah menjadi saat untuk berpesta. Ada begitu banyak hidangan baru dan menarik yang membuatmu merasa harus mencicipi semuanya.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengikuti sunah Rasul saat berbuka puasa, yaitu meminum air dan memakan tiga buah kurma. Jika kamu tidak suka kurma, cobalah untuk memakan buah-buahan lain.

3. Kendalikan Diri

Saat sahur, banyak orang yang makan dengan sangat cepat atau bahkan tidak makan sama sekali karena bangun terlalu siang. Akibatnya, mereka melewatkan waktu sahur dan hanya bangun untuk melaksanakan salat subuh.

Namun, ternyata memakan hidangan sahur sebelum berpuasa merupakan hal yang sangat baik. Makanan tersebut akan membantumu berkonsentrasi dengan lebih baik.

Usahakan juga untuk memakan buah-buahan dan minum banyak air. Langkah tersebut akan membantumu berhenti makan dengan berlebihan.

 

2 dari 2 halaman

4. Buat Pilihan yang Sehat

Ilustrasi Sayuran
Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/congerdesign/Putu Elmira)

Sekali lagi, rasa lapar akan membuat banyak orang sulit menahan diri dari makanan yang penuh dengan lemak dan mengandung karbohidrat tinggi. Namun, itu akan memiliki dampak yang buruk.

Sebagai gantinya, makanlah dengan perlahan dan dalam porsi kecil. Setelah kamu puas meminum air, makanlah kurma dan sup. Setelah itu, kamu bisa melaksanakan salat magrib.

Jika masih merasa lapar, kamu bisa memakan salad buah atau sayuran. Namun, jangan terlalu memaksakan diri, biasakan secara perlahan agar kamu tidak merasa tertekan.

Dengan memakan sumber makanan sehat, kamu pasti akan merasa kenyang bahkan sebelum kamu memakan asupan karbohidrat. Jangan lupa untuk mengonsumsi beberapa sumber protein, seperti telur atau daging.

Kamu bisa mencampurkan bahan makanan tersebut ke dalam saladmu. Jika kamu tidak memakan daging, cobalah untuk memakan kacang-kacangan dengan sedikit nasi.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Banyak orang yang berpikir olahraga saat berpuasa itu mustahil dilakukan. Rasa lapar, haus, lelah, dan frustrasi akan menghantui selama berpuasa.

Namun, akan lebih baik jika kamu juga melakukan olahraga ringan selama sekitar 30 menit saat berpuasa. Olahraga tidak hanya akan membuatmu menjadi disiplin, tetapi juga akan membantumu menurunkan berat badan selama Ramadan.

Namun, jangan lakukan olahraga jika kamu sudah merasa kesulitan hanya dengan berpuasa.

6. Jangan Lewatkan Sahur

Tak jarang orang akan melewatkan makan sahur dan hanya akan makan saat berbuka puasa. Namun, bagaimanapun sahur akan membantu atau bahkan merusak harimu.

Jika kamu makan pada saat sahur, tentu kamu akan lebih mudah dalam menjalani puasa dan membantumu dapat lebih menahan diri saat berbuka. Kuncinya adalah memakan makanan sehat dan pastikan tubuh tetap terhidrasi.

Konsumsilah smoothies dengan bahan dasar pisang dan susu untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi dan penuh energi. Jika kamu membutuhkan asupan karbohidrat sebagai tambahan, makanlah sereal gandum utuh atau buatlah panekuk sehat yang diperkaya dengan buah-buahan.

Hindari makanan asin dan berlemak tinggi, karena makanan tersebut akan membuatmu haus dan merasa tidak nyaman sepanjang hari.

7. Hindari Makanan Manis

Saat berbuka puasa di rumah, selalu ada tradisi untuk membuat suguhan yang manis. Mulai dari camilan, makanan berat, makanan penutup, hingga minuman.

Cobalah untuk membatasi dan menahan diri agar tidak mengonsumsi terlalu banyak. Namun, jangan terlalu memaksakan diri jika kamu memang tidak bisa.

Cukup kurangi dan tidak makan secara berlebihan juga akan sangat membantu.

Mungkin akan sangat sulit untuk menetapkan berbagai rutinitas yang ketat dan sehat saat merasa kelaparan. Namun beberapa tips ini akan membantumu untuk mengendalikan diri dan menjadi lebih sehat.

Ingatlah bahwa Ramadan adalah bulan untuk mulai belajar disiplin dan menantang diri sendiri. Manfaatkan bulan suci ini sebaik-baiknya dan jangan lupa bahwa kebiasaanmu saat berpuasa akan benar-benar berpengaruh pada tubuhmu.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Lindsay Lohan Kembali Berkarya Lewat Lagu Back To Me