Sukses

Kulit Jeruk hingga Lidah Buaya, 5 Cara Ini Ampuh Bersihkan Plak di Gigi

Ada banyak hal yang dapat membahayakan gigi

Liputan6.com, Jakarta - Senyum yang sempurna dianggap sebagai salah satu fitur paling menarik yang bisa dimiliki seseorang. Sayangnya, ada banyak hal yang dapat membahayakan gigi Anda, seperti merokok, terlalu banyak minum-minuman berkafein, dan tidak merawat gigi.

Jika Anda ingin memiliki gigi yang bersih dari plak, berikut cara-cara alami dan sederhana yang bisa Anda lakukan. Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Kulit Jeruk

Setelah Anda memakan jeruk, gosokkan kulitnya pada gigi Anda. Ini adalah cara mudah untuk membersihkan enamel gigi Anda. Ini akan memutihkan gigi dan membantu mencegah noda dan melawan bakteri.

Setelah selesai melakukannya selama beberapa menit, cukup kumur-kumur dengan air.

2. Biji wijen

Ambillah segenggam biji wijen, kunyah selama beberapa menit lalu buang. Ini merupakan cara mudah membersihkan gigi serta menghilangkan plak.

Setelah itu, gunakan sikat kering untuk menghilangkan sisa biji wijen. Anda juga dapat menggunakan biji wijen untuk menghilangkan noda dari gigi Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lidah buaya dan gliserin

Untuk membuat pasta gigi alami ini, Anda butuh: satu gelas air, setengah cangkir baking soda, satu sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin sayuran, dan satu sdt minyak atsiri lemon.

Sikat gigi dengan campuran tersebut. Dijamin gigi terlihat lebih putih, bersinar, dan lebih sehat dalam hitungan menit.

4. Baking soda

Baking soda atau soda kue dapat digunakan sebagai scrub alami. Caranya campurkan satu sendok makan soda kue dengan sejumput garam.

Kemudian celupkan sikat gigi yang telah dibasahi ke dalam campuran itu. Lalu gosoklah gigi seperti biasa.

 

3 dari 3 halaman

5. Cuka

Ini bukan cara yang enak di lidah, tapi ampuh membersihkan gigi tanpa menyebabkan kerusakan.

Caranya, campurkan 2 sdm cuka, 1 sdm garam, dan sedikit air menjadi bentuk pasta. Gosokkan ke gigi dan lakukan dalam beberapa hari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.