Tidak Hanya Ibadah, Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh Liputan6dotcom pada 14 Mei 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:33 WIB
Timbangan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, mungkin berpuasa telah menjadi salah satu bagian dari hidup mereka. Pasalnya, di luar bulan Ramadan, baik orang muslim maupun nonmuslim telah memasukkan kegiatan berpuasa ke dalam rutinitas sehari-hari.

Bagi mereka, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan mereka. Selain itu, berpuasa juga dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi otak.

Kegiatan berpuasa sendiri, selain menjadi ibadah, ternyata juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Dikutip dari The National, Selasa (14/5/2019), berikut tiga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berpuasa.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah tim dari Universitas Texas baru-baru ini melakukan penelitian mengenai puasa intermiten. Melalui penelitian itu, mereka menemukan hasil bahwa puasa yang dibatasi waktu, dapat mengurangi peradangan.

Selain itu, berpuasa juga meningkatkan lemak darah dan membantu menurunkan berat badan. Archana Baju, seorang ahli diet klinis, mengatakan bahwa selama berpuasa, sel-sel ditekan dan hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.

Ahli diet dari Burjeel Hospital, Abu Dhabi ini juga mengatakan bahwa puasa dapat membantu menjaga kadar gula dan kolesterol darah.

2 of 2

2. Mengatur Ulang Metabolisme

Kata Mutiara Semangat Hidup
Kata Mutiara Semangat Hidup (ilustrasi: iStockphoto)

Untuk mendapat berbagai manfaat dari berpuasa, selama waktu berbuka hingga sahur, ada beberapa jenis makanan yang harus kamu makan. Contohnya buah-buahan yang kaya akan serat, sayuran, gandum, protein tanpa lemak, dan air mineral.

Selain itu, kamu juga harus menghindari minuman berkarbonasi. Puasa selama bulan Ramadan juga memberi kesempatan untuk mengatur ulang metabolisme tubuh.

Itu karena, berpuasa memaksa tubuh untuk bekerja dengan lebih keras selama berjam-jam tanpa makanan dan minuman, menggunakan sumber lemak, dan mengangkut racun dari tubuh. Jika kamu berbuka puasa dengan makanan sehat dan bergizi saat tubuhmu membutuhkannya, maka hal tersebut akan mengatur metabolisme tubuh pada hari itu.

Dampaknya, kamu akan mendapatnya banyak nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. Pada gilirannya, makanan tersebut akan meningkatkan level energi.

3. Meningkatkan Kekuatan Otak

Berpuasa juga dapat memiliki dampak positif pada otak kita. Berpuasa dapat mendorong otak ke dalam keadaan stres. Hal tersebut menyebabkan otak menghasilkan protein yang dikenal dengan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

Protein tersebut membantu mempromosikan peremasaan sel induk otak. Selain itu, berpuasa juga bisa memiliki dampak pada serangan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Meskipun berpuasa menjadi kegiatan utama selama bulan Ramadan, tetapi berpuasa tidak hanya bisa dilakukan saat bulan suci saja. Banyak umat muslim yang juga menjalankan puasa sunah setiap hari senin dan kamis.

Selain itu, ada juga puasa sunah yang dilakukan pada hari arafah, sebelum hari raya Idul Adha.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by