Deretan Cara Jitu Usir Kantuk Saat Beraktivas di Bulan Ramadan

Oleh Liputan6.com pada 11 Mei 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2019, 20:14 WIB
20151015-Ilustrasi Mengantuk

Liputan6.com, Jakarta - Rasa kantuk memang sering dialami di berbagai kondisi, terutama saat bulan Ramadan. Karena waktu sahur saat dini hari, membuat masyarakat akan merasakan kantuk ketika tengah melakukan beragam aktivitas, seperti bekerja maupun sekolah.

Jika biasanya saat hari biasa kita bisa mengatasinya dengan minum kopi, saat puasa tentu kamu tak bisa melakukannya. Nah, berikut sejumlah cara jitu agar kamu tidak mudah mengantuk saat menjalani aktivitas di bulan Ramadan.

1. Tidur Sebentar

Cara paling efektif untuk menghilangkan kantuk di siang hari adalah dengan tidur sebentar. Ini bisa kamu lakukan saat rasa kantuk tak tertahankan. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat selama 10-25 menit untuk tidur siang sebentar dan mengisi kembali energimu.

2. Cari Cahaya

Kamu bisa mencoba untuk mencari sinar matahari atau nyala lampu yang terang. Rasa kantuk biasanya muncul saat cahaya meredup. Mata akan menangkap sinyal untuk beristirahat saat cahaya redup. Nah, jika mulai mengantuk, kamu bisa menyalakan lampu ruangan atau mencari sinar matahari langsung. Ini juga akan membuatmu merasa lebih segar.

 

2 of 2

3. Jalan Kaki Selama 10 Menit

Cara termudah yang bisa kamu coba adalah dengan berjalan kaki sebentar saja. Jalan kaki selama 10 menit dipercaya mampu meningkatkan energimu hingga dua jam ke depan. Berjalan kaki sebentar mampu memompa oksigen ke otak dan membuatmu terjaga.

Lanjutkan Membaca ↓