Sukses

Menebak Kepribadian Seseorang yang Sering Menggerakan Tangan Saat Bicara

Ternyata kebiasaan menggerakan tangan saat berbicara bisa mengungkap kepribadian seseorang lo.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki kebiasaan yang berbeda dalam kesehariannya, seperti menggerakan tangan atau menggunakan gestur tangan saat berbicara.  Nah, apakah kamu salah satunya?

Ternyata kebiasaan menggerakan tangan saat berbicara bisa mengungkap kepribadian seseorang lo. Penasaran seperti apa kepribadiannya?

Melansir dari Huffingtonpost, menggerakkan tangan bisa membantu kita mengekspresikan isi pikiran kita dengan cara yang lebih efektif. "Gerakan tangan merupakan aspek komunikasi yang sangat kuat, baik dari sisi pembicara maupun pendengar," jelas Dr. Carol Kinsey Goman, pakar bahasa tubuh dan penulis The Nonverbal Advantage: Secrets and Science of Body Language at Work dan The Silent Language of Leaders.

Sebuah penelitian yang menganalisis TED Talks pada 2015, menemukan bahwa pembicara yang paling populer dan viral menggunakan sekitar 465 gerakan tangan, yang hampir dua kali lipat lebih banyak dari para pembicara yang kurang populer.

Penelitian lain menemukan bahwa orang-orang yang "berbicara" dengan tangannya umumnya dikenal sebagai pribadi yang hangat, ramah, dan energik. Sementara yang jarang menggunakan tangannya saat berbicara biasanya memiliki kepribadian logis, dingin, dan analitis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memudahkan Cara Berpikir

Tubuh kita memiliki peran penting dalam cara kita berpikir. Gerakan tangan membantu kita mengutarakan isi kepala kita dan membantu orang lain paham dengan yang kita utarakan.

"Melakukan gerakan tak bisa terpisahkan dari kegiatan berbicara, dan bergerak saat berbicara dapat memudahkan cara berpikir kita," lanjut Kinsey.

Dengan menggerakan tangan saat berbicara bisa memudahkan seseorang berbicara dengan jelas, menggunakan bahasa yang lebih deklaratif dan bisa berpikir jernih. Selain itu, seseorang yang memiliki kebiasaan tersebut juga dikenal individu yang ramah dan energik. Tak heran jika orang-orang di sekelilingnya merasa nyaman berada di dekat mereka.

Jadi, apakah kamu salah satu individu yang sering berbicara sambil menggerakan tangan?

Reporter:

Endah Wijayanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.