Melipat Pakaian dan Menyapu Ternyata Perpanjang Umur Anda

Oleh Sulung Lahitani pada 06 Mei 2019, 18:01 WIB
Diperbarui 07 Mei 2019, 19:15 WIB
Kampung Warna Warni Lubuklinggau

Liputan6.com, Jakarta - Sepertinya Anda tak perlu menghabiskan waktu lagi di gym demi hidup sehat. Ilmuwan Amerika melaporkan bahwa kegiatan ringan seperti melipat pakaian atau menyapu lantai dapat berkontribusi besar untuk membantu Anda hidup lebih lama.

Penelitian ini melibatkan 6.000 peserta dan semuanya adalah perempuan berusia 63-99 tahun. Mereka mengumpulkan data tentang aktivitas fisik harian mereka selama seminggu dan kemudian dokter memantau kondisi mereka kesehatan mereka selama 3 tahun.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, didapatkan bahwa wanita yang menghabiskan sekitar 30 menit pada aktivitas fisik ringan seperti melipat pakaian memiliki risiko kematian 12% lebih rendah ketimbang mereka yang hampir tak bergerak. Tingkat kematian bahkan lebih rendah di antara peserta yang secara teratur terlibat dalam 30 menit aktivitas sedang hingga berat.

Peningkatan angka harapan hidup dalam kasus ini adalah sekitar 39%. Para peneliti melaporkan bahwa hasilnya serupa untuk wanita dari segala usia, budaya, dan berat badan.

 

2 of 2

Jadikan kebiasaan sedari muda

tutorial melipat pakaian (foto: Blossom)
tutorial melipat pakaian (foto: Blossom)

Melansir dari Brightside.me, ini adalah temuan yang luar biasa karena menunjukkan bahwa seseorang masih dapat merasakan manfaat kesehatan, bahkan jika aktivitas fisik mereka lebih rendah daripada yang direkomendasikan.

"Melakukan sesuatu lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa," kata penulis utama penelitian tersebut.

Para peneliti menyoroti bahwa meskipun penelitian ini berkonsentrasi pada wanita yang lebih tua, itu juga berlaku untuk orang muda. Ini penting untuk mengembangkan kebiasaan sehat saat Anda masih muda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by