6 Trik Ini Dapat Membuat Tubuhmu Sehat dan Terasa Baru Kembali

Oleh Sulung Lahitani pada 06 Mei 2019, 12:01 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 23:15 WIB
Sarapan Mengandung Multigrain Ini Amat Baik untuk Kesehatan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kita berpikir bahwa menjadi sehat butuh banyak usaha, waktu, dan uang. Namun pada kenyataannya, Anda dapat mengubah hidup menjadi lebih sehat hanya dengan menerapkan beberapa kebiasaan baru.

Berikut ini beberapa cara alami dan terjangku yang dapat Anda coba untuk membuat tubuh Anda seperti baru kembali. Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Sarapan 30 menit setelah bangun tidur

Penting untuk sarapan dalam waktu setengah jam setelah Anda bangun tidur. Bahkan ketika Anda merasa tak lapar, melewatkan sarapan adalah kesalahan besar, terutama ketika Anda sedang mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Menurut National Weight Control Registry, lebih dari 70% orang yang sukses diet, sarapan dalam waktu setengah jam setelah bangun tidur. Ini karena metabolisme tubuh relatif lambat ketika tidur dan butuh satu untuk mulai bekerja dengan kecepatan normal.

Jadi, sarapan sebelum metabolisme benar-benar 'terjaga' akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama serta mencegah Anda sarapan dengan makanan yang berat.

2. Memutihkan gigi dengan buah

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan anti-oksiden dapat bekerja secara ajaib dalam hal menghilangkan noda kuning di gigi.

Stroberi misalnya, dapat memutihkan gigi dan menghilangkan noda kopi dan anggur di gigi. Apel juga dapat bertindak sebagai penghilang noda alami karena membantu menghasilkan lebih banyak air liur di mulut dan berfungsi membersihkan gigi. Sementara jeruk dan segala jenis buah yang asam dapat menetralkan keasaman mulut yang menyebabkan kerusakan gigi.

 

2 of 3

3. Minum kopi untuk kantong empedu yang sehat

Biji Kopi
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Meski kopi mungkin dikaitkan dengan diet yang tidak sehat, kopi dalam bentuk paling murni sebenarnya baik untuk Anda. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan kantong empedu.

Menurut penelitian, kopi mengaktifkan kontraksi di kantong empedu yang diyakini disebabkan oleh kafein di dalamnya. Selain itu, penelitian juga telah mengungkapkan bahwa peningkatkan kontraksi kandung empedu akibat kopi dapat mencegah batu kristal di kandung empedu menjadi batu kandung empedu yang besar.

4. Sembuhkan migrain dengan jus anggur

Migrain terutama berasal dari ketidakseimbangan bahan kimia di otak seperti serotonin, jus anggur dapat bertindak sebagai pereda, bukan sebagai obat penghilang rasa sakit. Saat migrain datang, ambil jus anggur untuk meredakannya.

Anggur kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B2. Kandungan riboflavin di dalamnya bertanggung jawab mengobati migrain, membantu menyeimbangkan zat kimia di otak, dan bertindak sebagai pengurang kadar zat besi dalam darah yang mungkin menyebabkan migrain.

 

3 of 3

5. Makan salmon untuk dapatkan rambut yang indah berkilau dan sehat

Ikan Salmon Daging Salmon
Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Salmon kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga rambut dan kulit kepala Anda tetap terhidrasi. Selain itu, omega-3 melumasi kulit kepala dan menjaga folikel rambut bersih dan sehat.

Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan, membantu mengobati ketombe, dan mengurangi kekeringan yang semuanya berkontribusi pada kerusakan rambut. Jadi semakin banyak salmon yang Anda makan, makin sehat tubuh dan rambut.

6. Turunkan berat badan dengan air lemon dan garam

Lemon dan garam adalah 2 bahan ajaib yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menurunkan berat badan dengan cukup cepat. Ini karena kandungan keduanya dapat meningkatkan gerakan usus dan mengurangi nafsu makan, sehingga menghilangkan asupan kalori berlebih.

Lanjutkan Membaca ↓