Sukses

Viral Simpanse Asyik Main Instagram Layaknya Manusia, Tuai Kontroversi

Simpanse tersebut bahkan bisa memilih sendiri foto dan video mana yang ingin dilihat tanpa bantuan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini ponsel menjadi benda yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Ya, tentu ada begitu banyak hal yang biasa kalian lakukan hanya dengan menggunakan ponsel.

Tak hanya untuk berkomunikasi, saat ini kita bisa bekerja hingga mencari hiburan hanya dengan menggunakan ponsel. Seperti bermain media sosial, salah satu hal yang sering dilakukan banyak orang setiap harinya.

Namun nampaknya tak hanya manusia, hewan pun kini akrab dengan media sosial. Tak percaya? Kalian akan berubah pikiran setelah melihat video satu ini.

Sebuah video baru-baru ini menjadi perbincangan lantaran menunjukkan seekor simpanse bermain media sosial dengan lihainya. Akun @therealtarzann mengunggah video seekor simpanse tengah asyik melihat-lihat foto dan video di Instagram. Simpanse tersebut bahkan bisa memilih sendiri foto dan video mana yang ingin dilihat tanpa dibantu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuai Kontroversi

Video yang diunggah pada 21 April 2019 itu tentu mencuri perhatian warganet. Hingga kini sekiranya 1,9 juta pengguna Instagram telah menonton video tersebut.

Unggahan tersebut bahkan mengundang kontroversi. Dilansir dari Buzzfeed, seorang ahli simpanse konservasionis, Jane Goodall mengatakan, video seperti ini bisa menyakiti simpanse.

"Saya sangat kecewa melihatnya (video Simpanse)," katanya.

Jane mengatakan, simpanse merupakan hewan dengan tingkat sosial tinggi, sangat pandai, dan mempunyai emosi kompleks mirip dengan manusia. Karenanya, Jane menyarankan, sebaiknya pemilihan lingkungan bagi simpanse di keseharian harus sangat diperhatikan.

Jane juga menganggap penggunaan ponsel atau objek lain tentu juga bukan merupakan kelakukan natural simpanye. "Kami harap, orang yang tengah mengurusi simpanse akan bergabung dengan kami untuk mengakhiri tindakan kejam yang menjadikan simpanse sebagai hiburan," tutup Jane.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.