Menangisi Mantan Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya

Oleh Liputan6dotcom pada 30 Apr 2019, 13:00 WIB
Ilustrasi menangis

Liputan6.com, Jakarta - Tahukan kamu, membiarkan emosi kita keluar ternyata bisa untuk menurunkan berat badan. Mungkin dari kita banyak yang melakukannya, seperti saat seseorang sedang stres, pasti nafsu makan akan bertambah.

Namun, beberapa hari kemudian kamu menyadari bahwa jeans yang sering kamu pakai jadi sempit. Nah, padahal enggak selalu seperti itu lo.

Melansir dari Brightside, Selasa (30/4/2019), fakta yang tidak kita ketahui sebenarnya adalah terdapat hormon bernama kortisol, yang memiliki fungsi untuk merespon stres yang akan mengakibatkan obesitas. Banyak dari kita tahu bahwa hormon kortisol ini menolong untuk melawan rasa stres yang tengah dihadapi.

Masalahnya, kini orang-orang tidak bertarung secara fisik dengan stres, melainkan hanya duduk dan meredam kemarahan. Hasilnya, tubuh kita berpikir bahwa kita telah menggunakan sebagian kalori untuk berusaha mengatasi rasa stres. Sehingga kita berpikir untuk mengisi kalori yang hilang itu lagi dengan makan yang banyak.

2 of 2

Hormon yang dapat mengurangi hormon kortisol

Namun, para peneliti menemukan bahwa ketika kita menangis secara emosional, tubuh kita akan mengeluarkan hormon-hormon yang dapat mengurangi tingkat produksi hormon kortisol. Mereka adalah hormon prolaktin, leu-enkephalin dan adrenocorticotropin (juga disebut ACTH).

Hormon-hormon ini diproduksi ketika kita sedang berada di bawah banyak tekanan. Jadi, ketika kita tidak bisa menahan emosi dan kemudian menangis, hormon-hormon ini akan dilepaskan dan produksi kortisol akan berkurang.

Sehingga tubuh nantinya akan mendapatkan sinyal bahwa kita tidak perlu mempertahankan lemak karena keadaan stres telah berakhir. Namun perlu diingat, hanya tangisan yang betul-betul disebabkan emosi yang nyata dapat mengeluarkan hormon-hormon tersebut.

Jadi, sekarang kita telah mengerti bagaimana cara mengurangi produksi hormon kortisol. Caranya bukan malah tambah banyak makan dan membuat berat badan kita bertambah. Justru keluarkanlah emosimu sepuas mungkin, karena makan dan ngemil yang banyak tentu bukan menjadi solusinya.

Momen saat kamu menangis adalah metode paling efektif untuk menenangkan hati dan pikiranmu, dan dapat menjadi awalan yang bagus untuk mulai membentuk bentuk tubuh impianmu.

Repoorter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

Lanjutkan Membaca ↓