Duh, Mesin ATM Ternyata Sama Joroknya dengan Dudukan Toilet

Oleh Camelia pada 27 Apr 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 27 Apr 2019, 16:00 WIB
Mesin Kartu ATM

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kalian tentu berpikir bahwa toilet adalah tempat terjorok dan paling kotor. Namun fakta yang satu ini pasti akan membuat kalian terkejut. Dikutip dari Times of India, sebuah studi menunjukkan bahwa tombol pada mesin ATM merupakan salah satu benda yang sangat kotor sama seperti dudukan toilet.

Para peneliti di Inggris melakukan studi tentang hal ini dengan mengusap tombol ATM dan dudukan kloset di toilet umum untuk kemudian membandingkan keduanya.

Hasilnya, para ilmuwan menemukan bahwa kain dari kedua tempat tersebut mengandung bakteri yang berpotensi menyebabkan kembung dan diare pada manusia.

Mengutip peneliti Richard Hastings, ahli mikrobiologi perusahaan BioCote, “Kami terkejut dengan hasil ini karena mesin ATM terbukti sangat terkontaminasi oleh bakteri di tingkat yang sama dengan WC umum."

Tak hanya mesin ATM, Hastings mengungkapkan telepon umum juga dapat menjadi sarang kuman dan kotoran.

"Tak hanya dipegang oleh banyak orang berbeda setiap harinya, pegangan telepon umum kerap kali digunakan dekat mulut dan hidung banyak orang," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Sebagai Peringatan

Mesin Kartu ATM
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Hasil dari studi ini nampaknya menjadi sebuah peringatan bagi kita untuk lebih berhati-hati ketika mengambil uang di ATM atau menggunakan telepon serta berbagai fasilitas umum lainnya.

Saran yang bisa kalian lakukan cobalah untuk menggunakan buku-buku jari kalian ketika bertransaksi di mesin ATM. Tak hanya itu, alternatif lain yang bisa kalian lakukan ialah seka jari dengan tisu desinfektan setelah selesai menggunakan ATM.

Lanjutkan Membaca ↓