Setop Pakai Kendaraan Pribadi, Ini 5 Alasan Kamu Harus Naik Transportasi Umum

Oleh Liputan6dotcom pada 30 Apr 2019, 09:02 WIB
Mencoba LRT Palembang

Liputan6.com, Jakarta - Transportasi umum, meski tidak senyaman jika dibandingkan dengan mobil pribadi, tetapi penggunaannya merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa menikmati perjalanan.

Belakangan, penggunaan transportasi umum mulai ditinggalkan. Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dengan berbagai alasan.

Meningkatnya intensitas pengguna kendaraan pribadi, membuat jalanan semakin padat dan berujung dengan kemacetan panjang. Jika sudah terjadi, maka pasti banyak yang mengeluhkan persoalan ini.

Tentu saja, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan beralih ke transportas umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Sama seperti penggunaan pesawat, taksi, atau mobil pribadi yang bisa memberimu banyak rasa percaya diri, ada pula berbagai alasan mengapa penggunaan transportasi umum bisa jadi pilihan yang menjanjikan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan transportasi umum.

 

1. Mengurangi Tingkat Kemacetan

Sebagian besar kemacetan yang terjadi di jalanan, disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan. Meski memiliki kapasitas empat hingga enam orang, kebanyakan kendaraan pribadi hanya diisi oleh satu orang saja.

Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi demi alasan kenyamanan dan privasi. Namun, di saat yang bersamaan orang tersebut juga sering mengeluhkan kemacetan lalu lintas.

Jika masalah ini ingin ditangani secara serius, maka kita harus lebih sering menggunakan transportasi umum. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebuah bus angkutan umum yang terisi penuh, setara dengan sekitar 55 mobil yang diisi oleh satu penumpang.

Jadi, jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu mungkin bisa mengurangi penggunaan sekitar 50 mobil pribadi di jalanan.

2 of 3

2. Membantu Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Polusi Udara di Jakarta
Kendaraan terjebak kepadatan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (12/3). Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Jakarta setiap tahunnya, semakin meningkatkan emisi kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Polusi gas rumah kaca semakin lama semakin meningkat. Itulah alasan berbagai negara, organisasi, dan aktivis lingkungan melakukan advokasi lingkungan, mereka juga menyosialisasikan berbagai teknik untuk mengurangi emisi gas.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan transportasi umum. Penggunaan transportasi umum dapat membantu mengurangi lebih dari setengah emisi gas rumah kaca.

Penelitian telah membuktikan bahwa hanya tiga hingga delapan orang di bus angkutan umum yang mampu mengurangi emisi hingga setengahnya. Bibandingkan dengan seseorang yang bepergian sendiri dengan menggunakan mobil pribadi.

 

3. Bertemu Orang Baru

Transformasi umum digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda. Ada sangat banyak kemungkinan bahwa kamu bisa berinteraksi dengan banyak orang dengan budaya yang berbeda.

Apalagi jika kamu sedang pergi dalam sebuah perjalanan pribadi atau berjalan-jalan ke daerah baru. Kamu bisa mengenal banyak kebiasaan baru dan menemui orang-orang dengan berbagai sifat uniknya.

Cara ini sangat bermanfaat agar kamu bisa melihat dunia dari berbagai sisi dan sudut pandang. Di akhir perjalanan kamu pun akan memiliki beberapa pengalaman serta momen terbaik yang tidak bisa kamu lupakan.

Bahkan, kamu juga bisa mnemukan beberapa teman baru, lo!

 

3 of 3

4. Transportasi Umum Menyediakan Waktu Bersantai

Rampung 98 Persen, Begini Wujud Proyek MRT Fase I
Sejumlah kereta Mass Rapid Transit (MRT) berjajar di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (20/2). MRT Jakarta akan segera dioperasikan pada Maret 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menggunakan transportasi umum dapat membuatmu menikmati waktu sendiri. Kamu bisa tidur, terhindar dari omelan pengendara lain, bahkan terhindar dari tekanan yang biasa didapatkan pada saat mengendarai kendaraan pribadi.

Selama perjalanan, kamu bisa membaca buku atau menikmati pemandangan di luar jendela. Kegiatan itu dapat membantu meningkatkan hormon dopamin di dalam tubuhmu sehingga bisa mengurangi tingkat stres.

 

5. Bisa Menghemat Uang

Menggunakan transportasi umum bisa membuatmu menghemat uang hingga empat kali lipat dibanding dengan menggunakan kendaraan pribadi. Penggunaan kendaraan pribadi secara terus menerus akan memerlukan biaya perawatan, bahan bakar, parkir, dan berbagai biaya lainnya.

Dengan menggunakan transportasi umum maka kamu bisa menggunakan uang tadi untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak.

Selain beberapa poin di atas, tentu masih banyak keuntungan dari penggunaan transportasi umum. Sebagai salah satu usaha untuk mengurangi kemacetan di jalan, yuk gunakan transportasi umum!

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓