PIN hingga Kartu Kredit, 5 Hal yang Tak Boleh Disimpan di Dompetmu

Oleh Sulung Lahitani pada 23 Apr 2019, 19:02 WIB
Diperbarui 23 Apr 2019, 19:02 WIB
5 Cara Mengatur Isi Dompet Menurut Fengshui
Perbesar
Ilustrasi 5 Cara Mengatur Isi Dompet Menurut Fengshui (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak lebih dari 40 persen kasus penipuan identitas berasal dari dompet yang dicuri atau hilang. Jadi, ada benda-benda yang memang tak boleh Anda taruh di dompet.

Tujuannya tentu saja sebagai langkah keamanan dari pencuri yang dapat mencuri uang Anda. Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dilansir AOL.com.

1. PIN dan Kata Sandi

Beberapa orang menuliskan PIN kartu debit dan kata sandi mereka jika lupa dan membawanya di dompet. Padahal ini seharusnya ditinggalkan di tempat yang aman.

Jika seseorang memiliki akses tersebut dan identitas Anda, mereka dapat dengan mudah mencuri uang Anda atau melakukan pembelian atas nama Anda.

2. Kartu Kredit Ekstra

Membawa banyak kartu kredit dalam dompet adalah sesuatu yang berisiko. Bayangkan jika dompet Anda dicuri dan ada 4 kartu kredit di dalamnya.

Ini berarti Anda harus memblokir semuanya dan mengatur ulang pembayaran otomatis tiap kartu. Semakin banyak kartu yang dibawa, semakin banyak peluang pencuri mencuri informasi atau uang Anda.

Bawalah hanya kartu kredit utama dan satu kartu cadangan.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 dari 2 halaman

3. Kartu Jaminan Sosial

5 Cara Mengatur Isi Dompet Menurut Fengshui
Perbesar
Ilustrasi 5 Cara Mengatur Isi Dompet Menurut Fengshui (sumber: pixabay)

Nomor Jaminan Sosial adalah informasi paling penting bagi pencuri identitas. Jika seseorang mendapatkannya, ia dapat menggunakannya untuk mengajukan kredit atas nama Anda, dan segala kerugian lainnya.

Karenanya, amat penting memisahkan kartu jaminan sosial dan tidak membawanya di dompet. Terlebih bila Anda adalah seseorang yang ceroboh dan kerap kehilangan dompet.

4. Paspor atau Akte Kelahiran

Saat Anda keluar rumah, sebaiknya tinggalkan akte kelahiran dan paspor. Sebab, seperti nomor jaminan sosial, benda-benda ini mengandung beberapa informasi penting yang dapat digunakan oleh pencuri identitas menggunakannya untuk hal-hal buruk,

Jika bepergian ke luar negeri, tinggalkan paspor terkunci di brankas hotel. Atau apabila Anda harus membawanya, gunakan tas kecil yang bisa disembunyikan di dalam pakaian yang Anda gunakan.

5. Cek

Jika Anda lebih suka menulis cek daripada menggunakan kartu debit, hindari membawa seluruh buku cek. Jika tidak, pencuri punya akses paling mudah ke uang Anda.

Lanjutkan Membaca ↓