Konsumsi 6 Bahan Ini Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Oleh Liputan6dotcom pada 24 Apr 2019, 09:01 WIB
Gigi putih

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan bertambahnya usia, warna gigi pada manusia pun akan berubah menjadi kuning. Selain karena bertambahnya usia, perubahan warna gigi ini juga dipicu oleh noda dari makanan atau minuman tertentu.

Tidak hanya makanan, noda lain yang bisa memengaruhi perubahan warna ini dapat dipicu oleh rokok dan bahan lain yang memiliki kandungan tembakau atau antibiotik di dalamnya.

Perubahan warna gigi menjadi kuning ini tentu membuat tingkat percaya diri seseorang menjadi berkurang. Demi mendapatkan kembaii rasa percaya dirinya, mereka akan mencari berbagai obat atau alat pemutih gigi di berbagai apotek.

Namun, nyatanya pada obat yang dijual terdapat berbagai bahan kimia di dalamnya. Kandungan tersebut juga tidak menutup kemungkinan akan adanya ketidakcocokkan pada saat digunakan.

Jika kamu mencari cara untuk memutihkan gigi secara alami, berikut beberapa alternatif yang bisa kamu konsumsi.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 3

1. Apel

Ilustrasi buah apel (iStock)
Ilustrasi buah apel (iStock)

Hanya dengan mengunyah apel, secara tidak langsung kamu juga menggosok gigimu secara bersamaan. Apel memiliki konsentrasi asam malat yang tinggi dan telah digunakan pada beberapa pasta gigi.

Asam malat dapat meningkatkan intensitas air liur, yang dapat membantu membersihkan gigimu dan membantu menghilangkan noda pada gigi.

2. Nanas

Nanas adalah satu-satunya makanan yang secara alami mengandung bromelin. Sebuah senyawa dengan sifat antiinflamasi yang dapat melakukan pembersihan, dan berguna dalam pencernaan makanan.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya serat, dengan memakan banyak serat dapat membantu mengurangi peradangan di mulutmu (bersamaan dengan seluruh tubuhmu). Mengonsumsi brokoli mentah yang renyah dapat membantu membersihkan dan memoles gigimu.

Zat besi dalam brokoli memiliki manfaat tambahan yang dapat menyediakan dinding perlindungan bagi gigimu agar terhindar dari asam pengurai enamel yang diproduksi oleh bakteri. Selain itu, brokoli juga dapat membantu mencegah noda dan gigi berlubang.

3 of 3

4. Kismis

Kismis
Ilustrasi buah kering - kismis (iStockphoto)

Kamu mungkin berpikir kismis buruk bagi gigimu karena rasa manisnya yang menempel, tetapi sebenarnya kismis ini sangat protektif. Penelitian menunjukkan bahwa sereal bran dengan kismis dapat membantu membersihkan mulut lebih cepat daripada sereal yang sama tanpa kismis.

Mengunyah kismis dapat menstimulasi air liur, yang membantu mencegah timbulnya plak, noda, dan gigi berlubang dengan menetralkan lingkungan asam yang dibuat oleh makanan dan bakteri lain di mulutmu.

5. Air

Meminum air sepanjang hari dapat meningkatkan produksi air liur yang membantu menjaga gigimu agar tetap putih. Meminum air saat dan setelah makan juga membantu membilas mulutmu dari sisa makanan dan plak yang longgar.

6. Stroberi

Seperti apel, stroberi juga mengandung asam malat. Stroberi juga memiliki manfaat tambahan dari ellagitannin, yaitu antioksidan yang dapat membantu mengurangi bakteri penimbul noda serta peradangan di mulutmu.

Vitamin C yang terdapat pada stroberi juga dapat membantu mencegah peradangan pada gusi dan penyakit periodontal.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓