Sering Telat? 7 Cara Ini Bantu Kamu Bangun Lebih Pagi

Oleh Sulung Lahitani pada 23 Apr 2019, 07:35 WIB
Diperbarui 23 Apr 2019, 17:15 WIB
bangun pagi

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang sanggup bangun pagi-pagi. Terkadang, Anda bangun lebih siang untuk mengganti waktu tidur malam sebelumnya yang berkurang karena tidur terlambat.

Namun jika Anda ingin mencoba bangun lebih awal, berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan seperti dilansir dari Curiosity.com,

1. Mulai secara perlahan

Saat Anda baru mulai, mundurkan waktu bangun tidur Anda 15-20 menit setiap pagi. Jika Anda biasanya bangun jam 9, coba pasang alarm pada jam 8.45.

Bangun secara mendadak pada jam 5 hanya akan membuat Anda merasa seperti zombie.

2. Tidur lebih awal

Anda tidak ingin kurang tidur, jadi aturlah waktu tidur untuk diri sendiri dan patuhi hal tersebut. Jika tidak lelah saat waktu tidur tiba, bacalah buku sampai tertidur.

Jangan hidupkan ponsel, tv, atau laptop. Cahaya yang dipancarkan akan membuat tubuh berpikir masih terlalu awal untuk tidur.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 dari 3 halaman

3. Punya rencana di pagi hari

Sarapan Mengandung Multigrain Ini Amat Baik untuk Kesehatan, Apa Saja?
Kandungan gizi baik di sarapan mampu meningkatkan daya konsentrasi dan bahkan dapat mencegah Anda makan makanan berlebih di siang hari. Pastikan sarapan Anda mengandung Multigrain, serat pangan, vitamin, dan mineral.

Apa yang ingin Anda lakukan bila Anda bangun lebih pagi? Berolahraga? Mencuci? Jika tidak memiliki tujuan, ini hanya akan membuat Anda tidur lebih lambat.

4. Sarapan

Agar sarapan menjadi menyenangkan, buatlah sesuatu yang lezat dengan gizi yang seimbang. Sarapan dengan karbohidrat komplek dan serat, seperti oatmel, roti gandum, atau telur, akan membuat Anda lebih awas.

5. Pakai alarm yang lembut

Jika bangun lebih awal terasa merontokkan badan Anda, gunakan alarm yang lembut. Suara yang terlalu kuat hanya akan membuat Anda bangun dengan terkejut lalu tubuh terasa letih.

 

3 dari 3 halaman

6. Letakkan alarm jauh dari jangkauan

Jam Waker
Ilustrasi alarm. (iStockphoto)

Dengan melakukan ini, tak ada cerita mematikan alarm untuk tidur lagi. Saat Anda bangun dan berjalan untuk mematikannya, Anda cenderung tidak akan tertidur lagi.

7. Disiplin

Pagi pertama Anda melakukannya akan terasa seperti pagi terburuk yang pernah Anda alami. Tapi tubuh akan beradaptasi. Tetap disiplin dengan rencana tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Main Bareng Grace | 09 APR 2020 | 18:00 WIB | Vidio Esport