Apa Kata Netizen di Debat Pamungkas Capres dan Cawapres 2019?

Oleh CameliaSulung LahitaniYulia Lisnawati pada 13 Apr 2019, 22:53 WIB
Moment Keakraban Dua Calon Presiden Usai Debat Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres 2019 memasuki putaran terakhir. Pada debat terakhir ini, baik capres Jokowi maupun Prabowo akan didampingi oleh cawapres masing-masing.

Untuk debat kelima ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/04/2019), pukul 19:30 WIB hingga selesai. Debat akan dimoderatori oleh Balques Manisang dan Tomy Ristanto.

Topik yang diangkat kali ini yakni ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Seperti biasa, debat terdiri dari enam segmen.

Segmen pertama adalah segmen penyampaian visi-misi, sementara segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Selanjutnya segmen keempat merupakan debat ekploratif dengan pemantik diskusi dengan tayangan video dari tim panelis.

Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.

Penasaran seperti apa respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai debat capres putaran kedua ini? Berikut pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter.

2 of 7

Visi dan Misi

Pentingnya Melihat Debat Capres-Cawapres Terakhir
Pentingnya Melihat Debat Capres-Cawapres Terakhir

Kedua paslon presiden telah menyiapkan visi dan misi yang akan ditawarkan ke publik di Pilpres 2019. Berikut respons netizen mengenai visi-misi kedua paslon presiden pada debat kedua tersebut.

"Kalimat pembuka pemaparan visi misi.

Prabowo: Negeri ini berjalan ke arah yang salah.

Jokowi: Rakyat Indonesia yang saya cintai.

#debatpilpres2019," cuit @EricWicaksono.

"pak prabowo selalu terjebak dalam permasalahan masa lalu"why is it like my love life #DebatPilpres2019," cuit @regardsara.

"Well I'm only here for a good quality memes #DebatPilpres2019," cuit @renhyucksun.

"what a great opening, sir @jokowi ! no more ketimpangan ekonomi antara pulau jawa dan pulau lainnya! Salam Kebajikan #PresidentialDebate #IndonesiaVotes #DebatPilpres2019," cuit @teresaracel.

"just got home and now it's time for stay tune #DebatPilpres2019," cuit @daranida.

"yang satu bahas infrastruktur sama kartu. yanh satu bahas ekonomi. gitu aja terus #DebatPilpres2019," cuit @syafiraisfihan1.

"Hallo Ibu Nurjanah siap2 nama ibu bakalan naik di trending topic#DebatPilpres2019," cuit @_RifatFauzi_.

"Dimensi pertumbuhan ekonomi dan dimensi pemerataan ekonomi. Dua nalar berfikir dengan aliran yang amat berbeda. #DebatPilpres2019," cuit @Dewo_As.

"Utk 01, sebaiknya kasih solusi yg sifatnya jangka panjang, jgn terlalu mengandalkan kartu sakti, krn itu solusi jangka pendek.Utk 02, tlg dielaborasikan lg bgmana cara menciptakan lap.kerja yg luas, harga keb.pokok terjangkau dan menurunkan TDL #DebatPilpres2019," cuit @agungnarendras.

"Indonesia bkn hnya ada di pulau Jawa saja , tapi pembangunanw harus merata hingga ke plosok. dan dengan meratanya pembangunan, dapat menciptakan titik2 ekonomi baru yag dampaknya juga menguntungkan masyarakat Indonesia. #DebatPilpres2019," cuit @Belindapermta.

3 of 7

Segmen Kedua

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Pada segmen kedua, kedua capres menjawab pertanyaan dari panelis. Berikut respons dari netizen.

"#DebatPilpres2019 pertanyaan debat ini empiris abis hahaha sesuai keadaan sekarang," cuit @ada_mologi.

"#DebatPilpres2019 CAN YALL DEBATE PROPERLY??? FOCUS ON UR GOALS AND ANSWERING THE DAMN QUESTION AND STOP ATTACKING THE OTHER CANDIDATE IM. tok taught me well," cuit @shookiegguk.

"Sudah 22 thn saya lahir di Bumi Pertiwi, sedari kecil saya melihat Indonesia Timur bagai Anak TIRI di negeri sendiri. Tp sejak @jokowi memimpin negeri ini, semua adalah NKRI. Pemerataan untuk #IndonesiaMaju," cuit @balqisptr.

"Dalam ajang debat ini, pak Jokowi lagi-lagi selalu salah dimata Prabowo.

Iya?

#DebatPilpres2019," cuit @andriandinora.

"He said he must learn from china right? Pffff so ironic #DebatPilpres2019," cuit @PutraPokemon.

"ok since yalls talking abt women give us free sanitary products pls #DebatPilpres2019," cuit @vaniaabbyy.

"Emak emak power? this is not campaign, its a debate, tell us strategy, way to achieve solutions, how to solved problems, etc. #DebatTerakhirPilpres2019 #DebatPilpres2019," cuit @rioyotto.

"Walopun belum pernah ketemu, mudah-mudahan mak gue disebutin Pak Sandiaga di #DebatPilpres2019," cuit @chronoberak.

"Dewi-Dewi, Dedi-Dedi. Pak Kyai Ma'ruf nih suka bikin2 singkatan yg eye catching gitu ya. Kayaknya seru nih klo jadi santri dan diajar beliau. #DebatPilpres2019," cuit @abrakadabras07.

"Kesetaraan gender itu perlu, agar tidak ada lagi kaum hawa yang berkata "Masa cewe chat duluan ke cowo, gengsi dong"..#DebatPilpres2019," cuit @mwahyufrm.

"honestly i am disappointed over how they’re generalizing the term women as emak-emak..? #DebatPilpres2019," cuit @hunkissed.

4 of 7

Segmen Ketiga

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Untuk segmen ketiga, masih merupakan tanya-jawab antara kedua capres dan cawapres dengan paduan pertanyaan dari tim panelis dengan tema keuangan dan investasi. Berikut respons netizen.

"Investasi dan keuangan pakde jokowi mikir panjang tidak mengawang ngawang dan lebih masuk akal," tuis akun @Sa1ful_Anwar.

"Presiden kembali menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi yang baik perlu didukung kinerja investasi dan ekspor yang prima. Untuk itu, tegas Presiden, memperbaiki ekspor dan investasi perlu segera dilakukan," kata akun @zefanyaput.

Sementara akun @ImamWho berkomentar "Debat Ke2 Keuangan dan Investasi, kompaknya 02 menjawabnya hebat 02."

"Tidak cuma kematangan dikit, maklum gorengnya sambil dendam sama si dia yang gak punya ide mengembangkan perikanan. Semacam ada aja manusia mau investasi kalo infrastruktur ga dibangun. Terus hasil ikan bakalan dikirim via telepati gitu ya?" sahut akun @NonaCarina.

"#DebatPilpres2019 malam ini temanya ada Ekonomi dan Keuangan. Semoga ada pembahasan soal gimana cara nagih utang ke temen yang nggak bikin dia emosi. #CurhatPilpres2019," tulis akun @ikramarki.

"Ekonomi investasi. finally something I actually understand," komentar akun @dniarastuti.

Sementara akun @zoelfick berkomentar, "Salah satu pencapaian Indonesia di tangan @jokowi, negeri ini dapat peringkat istimewa dalam hal investasi. #BarengJokowi #JokowiMenangTotalDebat."

"Dalam faktor investasi swasta yang juga didukung kebijakan fiskal dan moneter yang dilakukan dengan sangat hati-hati dan ditunjang reformasi struktural berkelanjutan di era @jokowi , akan mampu meningkatkan sentimen dan kepercayaan investasi," sahut akun @melindakhairani.

"Nah soal tabungan haji ini bingung sih, ga ditabung ga bisa antre berangkat haji, ditabung ya emang uang mengendap bunganya besar. Apalagi negara islam terbesar di dunia. Sebaiknya bunga dana mengendap itu tetap jd investasi umat, buat rakyat," kata akun @AchmadArief.

"Di topik Keuangan & Investasi:Petahana mencanangkan peningkatan tax ratio dengan peningkatan tax base. Nyinggung tax amnesty? Oposisi mencanangkan peningkatan tax ratio lewat digitalisasi & transparansi. Program Mall Sadar Zakat?Butuh penjelasan ahli atau baca lagi ini," tulis akun @angga_eighties.

"Pak Sandi nih kalo ngomongin masalah ekonomi, dagang, investasi tuh sistematis banget, tek tek tek dooor," kata akun @luthfifadhli55.

5 of 7

Segmen Keempat

Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Debat Kelima Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Selanjutnya segmen keempat merupakan debat terbuka bagi kedua paslon untuk saling melempar pertanyaan ke kandidat lainnya dan saling menanggapi jawaban dari kandidat lainnya.

Paslon nomor urut satu mendapat kesempatan terlebih dahulu memberikan pertanyaan untuk paslon nomor urut dua. Lalu dilanjutkan pertanyaan dari paslon nomor urut dua. Berikut respons netizen. 

"Wah esport mobile legends di bahas di debat kelima ini sama pakde @jokowi dan pak Prabowo gk paham makanya yg disuruh jawab sandi wkwkThrowback soal unicorn debat yg lalu#JokowiMenangTotalDebat," kata akun @rendyadhi.

"#DebatPilpres2019 pertanyaan jokowi esport ke kubu capres 02 gak bisa jawab, wkwkwkkwwk, malah wakilnya yg jawab, gak tau esport ya, ekwkkwkwkwkw," tulis akun @AkihitoNobito.

"Jokowi bawa mobile legend dan esport di debat. Bukti jokowi peduli milenial," sahut akun @meivilomo.

Sementara akun @mtqddm_ANNUR "Tiwas aku uninstall mobel lejen pak. Yo besok tak Install meneh nek rodo selo. Mantab esport @jokowi #DebatPilpres2019."

"Saya sebagai pemain mobile legend puas dengan ulasan pak jokowi soal esport. Dan sebaliknya, sangat kecewa dgn jawaban prabowo sandi. #mobilelegend#esport," tulis akun @Yustus082.

"Pertanyaan Sandi soal defisit perdagangan mantul. #DebatPresidenPamungkas," kata akun @ainulmahrus.

"Defisit neraca perdagangan ini bikin para pemegang saham bank ketar-ketir sih. Tiap mau rilis neraca pasti goyang dulu saham"nya," tulis akun @eryandon.

Sementara akun berkomentar, @FaldoMaldini "Ya kurang lah defisit neraca perdagangan. Impornya turun bukan ekspornya yang naik." 

 

 

6 of 7

Segmen Kelima

Awali Debat Kelima Pilpres 2019, Prabowo Beri Hormat Kepada Jokowi
Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hormat kepada Capres 01 Joko Widodo sebelum Debat Pilpres 2019 kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). Debat tersebut merupakan debat terakhir setelah kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Di segmen kelima kedua capres dan cawapres masih saling mengajukan pertanyaan yang mengacu pada tema. Berikut respons netizen.

"Aduhh Mas Sandi, jangan bawah2 Holding Holdingan lah Mas, berat, bikin grogi aje, nih. Sy mau bikin super holding Mas..#DebatPilpres2019" cuit @redaksijakpos.

"Kalo pemerintah ga mau pertimbangkan keluhkan rakyat, kebijakan nanti buat siapa? #DebatPilpres2019," cuit akun @dymbronk. 

"SKAK MATT sih menurut gue pertanyaannya , menurut bapak apa strategy agar Bumn ttp jadi national champion ? Karena banyak keresahan di bumn , peraturan makin ga jelas di bumn , kelas sih :))" kata akun @Nopri__. 

"Kenapa byk yg mempersalahkan pak sandi menyebutkan bbrp nama masyarakat di debat ini? Bknnya gpp y," ujar @octobrv.

"Mental revolution. Be optimistic y’all #DebatPilpres2019," tambah akun @mintoaizawa_.

"PABJI... PABJI.... AKHIRNYA BELIO PUSHHHH GAESSS ALHAMDULILLAAH. #DebatPilpres2019," kata pemilik akun @amalburgaa.

"Holding BUMN ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses keputusan bisnis. Jokowi harusnya bisa membedakan pembenahan organisasi, kemampuan finansial, kemampuan teknis dan kesepakatan kontrak bisnis berjalan, terkait dengan BUMN," komentar @Gandawan. 

"Infrastruktur memberikan pertumbuhan ekonomi baru. Tapi tol bikin usaha di pantura kolaps, Pak #DebatPilpres2019," cuit @asmarooney. 

"Dana desa itu amanah UUD yang disahkan oleh presiden @SBYudhoyono diakhir masa jabatan beliau. Artinya, siapapun presidennya, maka WAJIB menyalurkan ke desa. Bukan prestasi siapa², Jangan salah paham ya. #DebatPilpres2019" ujar pemilik akun @prasetia_h.

"Ekonomi syariah itu derivasi dari sistem Islam, bukan sistem kapitalis #DebatPilpres2019," cuit @IrawanSetiawan.

"Big data nasional dengan e-ktp" Keren Bang Sandi, tapi untuk teknologi sekarang masih butuh banyak progress. Semoga ide ini bisa menginiasisi RnD terkait Industri 4.0 biar bisa terealisasi #DebatPilpres2019" tambah akun @garputrala.

 

7 of 7

Segmen Keenam

Kehangatan Jokowi - Prabowo Awali Debat Keempat Pilpres 2019
Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (dua kiri) berpelukan dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (dua kanan) saat mengikuti debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Liputan6.com/JohanTallo)

Segmen keenam merupakan segmen terakhir. Tiap kandidat capres menyampaikan pernyataan penutup mereka. Berikut respons netizen.

"Pak jokowi : tidak ada negara maju jika rakyatnya pesimis, tidak ada negara yg maju jika pemimpinnya ga optimis, Aku : tidak ada hubungan yg harmonis jika si ceweknya pesimis, tidak ada hubungan harmonis jika si cowok nya ga optimis. #OptimisIndonesiaMaju #DebatPilpres2019," cuit @muhamadbadri75.

"HARUS BERSYUKUR GAK BOLEH KUFUR NIKMAT!!! #DebatPilpres2019," kata @ansstywt. 

"Akhirnya selesai juga 8 bulan ini kampanye-kampanye yg membuat gaduh, dsbnya. Besok sudah masuk masa tenang. Terimakasih untuk kedua calon yg sudah berkunjung kebanyak daerah di indonesia ini dan semoga bukan hanya 8 bulan. Apapun yg terjadi Indonesia Maju #DebatPilpres2019," ujar @Dibyras.

"new character unlocked: Tusuk Prabowo Sandi #DebatPilpres2019," komentar @heartvreaks.

"YOUR TURN, BRO!#DebatPilpres2019," cuit @hartanyatati13. 

"TPS : Tusuk Prabowo Sandi #DebatPilpres2019," ujar @chelmunks. 

"Daripada digampangin cara dapet kerja, mending gue cari cara gimana caranya gue bisa diterima di tempat kerja yang gue mau #DebatPilpres2019," komentar @morstdethee. 

 "#02 bakalan ga ngambil gajinya jika terpilih jadi presiden #DebatPilpres2019," cuit @pnzhra. 

"gimana abis nonton debat pilpres yg terakhir, udah makin mantap sama pilihannya masing-masing belum? #DebatPilpres2019," tanya pemilik akun @wonderluse.

"Sampai debat terakhir, masih belum yakin pilih yang mana. #DebatPilpres2019," timpal akun @dedykurniaji.

"Selesai sudah perdebatan, 17 April 2019 waktunya penentuan, percuma jika berkoar-koar menjadi pendukung jika tidak menggunakan hak suaranya. JANGAN GOLPUT!!! #DebatPilpres2019," himbau pemilik akun @m2r_yusuf. 

"Sudah selesai #DebatPilpres2019 ni malam. Lanjut bobo, besok sdh masa tenang," komentar @inisayaraka. 

Sementara akun @TwindaRarasati menulis, "And that’s a wrap! Selesai sudah #DebatPilpres2019 & kita akan masuk ke masa tenang. No more debates, no more campaign. Jgn lupa nanti tanggal 17 April lgsg nyoblos calon presiden & legislatif pilihanmu, mari ramaikan Pesta Demokrasi terbesar di Indonesia!"

Lanjutkan Membaca ↓