Obat hingga Makeup, 6 Benda yang Tak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Oleh Sulung Lahitani pada 13 Apr 2019, 10:00 WIB
20151007-10 Wastafel Unik yang Bikin Kamu Ingin Mencobanya

Liputan6.com, Jakarta - Hanya karena Anda menghabiskan banyak waktu di kamar mandi, bercukur, merias wajah, tidak berarti Anda menyimpan semua barang di sana. Ada barang-barang yang memang tak boleh disimpan di kamar mandi.

Apa saja? Melansir dari New York Post, ini dia.

1. Obat-obatan

Taruh obat-obatan di tempat seharusnya, di lemari obat-obatan. Panas dan kelembaban dari air di kamar mandi dapat mengacaukan keefektifan obat tersebut.

Bila tidak memiliki lemari obat-obatan, bisa ditaruh di meja samping tempat tidur. Tapi pastikan tidak terjangkau oleh anak-anak.

2. Makeup dan kuas makeup

Pencahayaan terbaik untuk merias wajah mungkin di kamar mandi, tapi jangan letakkan makeup di sana. Suhu tinggi, uap, dan kelembaban di kamar mandi dapat mendorong pertumbuhan jamur dan membuat produk makeup kedaluwarsa lebih cepat.

 

 

 

2 of 3

3. Sikat gigi

Sikat gigi
Ilustrasi sikat gigi (iStockphoto)

Pertimbangkan untuk menyimpan sikat gigi di tempat yang kering. Bila diletakkan di wastafel, terlebih tempat sampah berada tak jauh darinya, ini dapat menaikkan risiko pertumbuhan bakteri.

Sikat gigi yang ditaruh di wastafel berada di jalur langsung untuk kuman yang berasal dari orang yang mencuci tangan. Tak hanya itu, saat menyiram toilet, kuman dan bakteri akan tersemprot ke udara dan langsung menuju sikat gigi Anda.

4. Handuk basah, tikar, dan cucian kotor

Jangan letakkan handuk basah atau cucian kotor di lantai kamar mandi. Ini dapat membuat jamur tumbuh.

Biasakan taruh di tempat yang kering setelah menggunakan handuk dan mencuci pakaian secara teratur. Ini akan mengurangi sumber pertumbuhan jamur.

 

3 of 3

5. Buku

Penulis Buku
Ilustrasi penulis buku (trivia)

Suka membaca di toilet/kamar mandi? Tapi jangan biasakan meninggalkan buku di kamar mandi.

Kelembaban akan membuat kertas terkulai, membengkak, dan menempel bersama. Ini juga membuat jamur tumbuh di antara kertas.

6. Perhiasan

Kamar mandi bukan tempat menyimpan gelang favorit Anda atau perhiasan lainnya. Kecuali jika perhiasan Anda adalah emas murni.

Sebab, benda yang terdiri dari berbagai logam akan bereaksi lebih cepat terhadap kelembapan. Itu juga menyebabkan korosi pada benda-benda logam, sedangkan pada perak akan muncul bercak kotor.

Lanjutkan Membaca ↓