Seperti Ini Kepribadian Seseorang yang Takut Kotor

Oleh Liputan6.com pada 09 Apr 2019, 18:00 WIB
Jijik (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Rasa takut memang wajar dialami setiap individu. Tak heran jika setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda terhadap suatu hal, bahkan ada yang takut secara berlebihan hingga menyebabkan trauma.

Nah, rasa takut biasanya sering muncul di saat tak terduga. Namun, banyak juga yang sering merasakan dalam kesehariannya. Seperti ketakutan akan gelap, ketinggian bahkan kotor. Nah, ketakutan akan suatu hal ternyata bisa menguak seperti apa kepribadian seseorang.

Para peneliti percaya bahwa ketakutan pada kuman dan kotor atau disebut mysophobia, dipicu karena trauma. Seperti dikatakan Dean McCay, PhD, situasi kotor memicu respon perhatian berlebih pada orang mysophobia sehingga terobesi untuk selalu bersih dan memastikan diri tidak terkena kontaminasi.

Secara kepribadian, orang takut kuman memiliki kebiasaan menjaga kebersihan, tak suka sekitarnya berantakan dan tidak tertata rapi. Orang mengenalnya sebagai sosok yang rapi, bersih, terorganisir dengan baik, memeperhatikan detail dan nyaris perfeksionis.

 

2 of 2

Miliki Masalah Kecemasan

Selain itu, individu yang takut kotor ternyata memiliki masalah terhadap kecemasan. Mereka dikenal sosok yang terlalu khawatir dengan hal-hal kecil hingga membuat mereka selalu memikirkannya.

Jadi, coba untuk santai dan berbagi cerita kepada orang-orang terdekatmu saat memiliki masalah agar bebanmu sedikit lebih ringan.

Reporter:

Febi Anindya Kirana

Sumber: Fimela.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Streaming EMTEK Goes to Campus 2019 - Semarang