Sukses

Seperti Ini Kepribadian Seseorang yang Takut Kotor

Ketakutan akan suatu hal ternyata bisa menguak seperti apa kepribadian seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa takut memang wajar dialami setiap individu. Tak heran jika setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda terhadap suatu hal, bahkan ada yang takut secara berlebihan hingga menyebabkan trauma.

Nah, rasa takut biasanya sering muncul di saat tak terduga. Namun, banyak juga yang sering merasakan dalam kesehariannya. Seperti ketakutan akan gelap, ketinggian bahkan kotor. Nah, ketakutan akan suatu hal ternyata bisa menguak seperti apa kepribadian seseorang.

Para peneliti percaya bahwa ketakutan pada kuman dan kotor atau disebut mysophobia, dipicu karena trauma. Seperti dikatakan Dean McCay, PhD, situasi kotor memicu respon perhatian berlebih pada orang mysophobia sehingga terobesi untuk selalu bersih dan memastikan diri tidak terkena kontaminasi.

Secara kepribadian, orang takut kuman memiliki kebiasaan menjaga kebersihan, tak suka sekitarnya berantakan dan tidak tertata rapi. Orang mengenalnya sebagai sosok yang rapi, bersih, terorganisir dengan baik, memeperhatikan detail dan nyaris perfeksionis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miliki Masalah Kecemasan

Selain itu, individu yang takut kotor ternyata memiliki masalah terhadap kecemasan. Mereka dikenal sosok yang terlalu khawatir dengan hal-hal kecil hingga membuat mereka selalu memikirkannya.

Jadi, coba untuk santai dan berbagi cerita kepada orang-orang terdekatmu saat memiliki masalah agar bebanmu sedikit lebih ringan.

Reporter:

Febi Anindya Kirana

Sumber: Fimela.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.