7 Mitos Hubungan Asmara Ini Buatmu Melajang Hingga Kini

Oleh Sulung Lahitani pada 08 Apr 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 08 Apr 2019, 17:00 WIB
putus cinta

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang terlalu takut untuk memulai hubungan percintaan. Anggapan-anggapan buruk tentang hal tersebut, membuat orang takut untuk mencoba jatuh cinta.

Mitos-mitos berikut ini menghalangimu untuk memulai hubungan asmara. Apa saja? Melansir dari Yourtango, ini dia.

1. Kamu pikir kamu tidak pantas dicintai

Jauh di lubuk hatimu, kamu memiliki keyakinan bahwa kamu tidak pantas dicintai. Ini karena pikiran-pikiran burukmu yang selalu mengatakan demikian.

Padahal pada kenyataannya, kita semua adalah manusia yang pernah berbuat salah. Kesalahan tersebut tidak lantas membuatmu tidak pantas dicintai. Penolakan yang kamu lakukan sebenarnya hanyalah sebagai alasan karena kamu tak siap untuk itu.

2. Pikiran bahwa kamu tak pandai membina hubungan

Dalam setiap hubungan, kamu belajar sesuatu yang membuatmu lebih baik pada hubungan berikutnya. Jangan terjebak dalam hubungan yang buruk dan jangan menyerah mencari cinta.

 

2 dari 3 halaman

3. Anggapan hubungan asmara seharusnya lancar-lancar saja

Ilustrasi putus cinta (iStockphoto)
Ilustrasi putus cinta (iStockphoto)

Anggapan bahwa hubungan asmara tidak akan ada rintangan adalah sesuau yang salah. Seberapa saling mencintai dua insan, pasti akan ada perdebatan. Di sanalah kamu belajar untuk lebih dewasa dan bijaksana.

Sebuah hubungan yang sempurna dan lancar-lancar saja tidak akan membuat kamu berkembang

4. Anggapan kamu tak punya waktu untuk percintaan

Kamu adalah orang yang sangat sibuk. Belum lagi kamu harus memilih mana yang diprioritaskan.

Banyak orang beranggapan bahwa kesibukan membuat mereka tak ada waktu untuk percintaan. Padahal sebuah hubungan asmara yang sehat tak akan menguras energi. Sebaliknya, ini akan menjadi sumber energimu.

 

3 dari 3 halaman

5. Kamu merasa tak ada yang mau denganmu

mencintai diri
ilustrasi body positive/copyright Unsplash/Giorgio Encinas

Mungkin kamu telah berusaha dengan segala cara. Memakai aplikasi kencan, berkenalan, atau hal lainnya. Tapi karena tidak mendapatkan yang kamu inginkan, kamu beranggapan di luar sana tak ada orang yang cocok denganmu.

Padahal ada jutaan orang di dunia, banyak dari mereka yang mungkin orang yang tepat. Yang harus kamu lakukan adalah meluangkan waktu untuk mencobanya. Dan jangan menyerah.

6. Anggapan hubungan asmara akan menyulitkan hidupmu

Dibutuhkan banyak waktu untuk menghadapi problematika dalam hubungan asmara. Namun tak berarti itu akan menghabiskan tenaga kamu.

Banyak orang berpikir mereka tak memiliki stamina untuk menghadapi masa-masa sulit dalam hubungan asmara. Bertahanlah dan lewati hal tersebut.

 

Lanjutkan Membaca ↓