Lapar di Malam Hari? Berikut Alternatif Camilan yang Bisa Kamu Konsumsi

Oleh Liputan6dotcom pada 06 Apr 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 08 Apr 2019, 17:13 WIB
Salad

Liputan6.com, Jakarta Hal paling menyebalkan yang sering terjadi pada saat kamu sudah siap untuk tidur adalah serangan lapar secara tiba-tiba. Rasa lapar yang menyerang sering kali tak kenal waktu.

Di satu sisi, kamu tentu ingin sekali makan semua makanan yang ada di dapur, tetapi di sisi lain kamu takut jika itu akan memengaruhi berat badanmu. Sebagai alternatif, mungkin saja kamu bisa meminum air putih hingga merasa kenyang. Namun, akan sangat menyebalkan jika rasa laparmu tidak juga terpuaskan bahkan setelah kamu minum banyak air.

Kamu pun akan sulit untuk tidur dan akan merasa gelisah. Jika sudah begitu, mau tidak mau kamu akhirnya akan mencari sesuatu yang bisa dimakan. Namun, tahukah kamu bahwa camilan malam yang baik adalah camilan yang mengandung banyak kalori, karbohidrat, dan protein kompleks?

Untuk menghindari mengonsumsi makanan dengan berlebih, berikut adalah beberapa alternatif camilan yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi rasa laparmu di malam hari.

2 of 9

1. Sereal dengan Serat Tinggi dan Susu

Sereal dan Susu
Sumber: buzzfeed.com

Jika tidak ada sereal, kamu bisa menggantinya dengan selembar roti gandum atau beberapa sendok oatmeal. Pastikan susu yang kamu gunakan merupakan susu rendah lemak atau susu tanpa gula (tawar).

3 of 9

2. Telur atau Avokad

Telur dan Avokad
Sumber: buzzfeed.com

Kamu bisa memakan satu hingga dua butir telur rebus. Jika terasa sangat hambar, kamu bisa mengambil satu butir telur rebus atau seperempat bagian avokad dan mencampurnya dengan dua buah roti kering.

4 of 9

3. Pisang dengan Selai Kacang

Pisang dengan Selai Kacang
Sumber: buzzfeed.com

Campur satu buah pisang dengan dua sendok teh selai kacang atau selai almon.

5 of 9

4. Buah dan Kacang-kacangan

Buah dan Kacang
Sumber: buzzfeed.com

Kamu bisa mencampurkan setengah porsi buah segar atau buah kering dengan setengah gelas kacang almon. Jika tidak ada, kamu bisa mengganti kacang almon dengan kacang kenari, kacang mete, atau kacang tanah.

6 of 9

5. Ayam Rebus dan Roti Gandum

Ayam, Roti, dan Tomat
Sumber: yummy.li

Kamu bisa mencampur beberapa potongan kecil daging dada ayam rebus (tanpa bumbu) dengan satu buah roti gandum dan padukan dengan potongan tomat atau timun.

7 of 9

6. Yoghurt dengan Granola atau Buah

Yoghurt dengan Granola
Sumber: jaroflemons.com

Campurkan secangkir yoghurt dengan dua sendok teh granola atau kacang-kacangan, dan seperempat porsi buah-buahan.

8 of 9

7. Keju dengan Roti Gandum

Potongan Keju dan Roti
Sumber: buzzfeed.com

Padukan satu lembar keju dengan dua lembar roti gandum. Jika kamu tidak memiliki keju lembaran, kamu bisa mengiris keju utuh menjadi beberapa bagian kecil.

9 of 9

8. Roti Panggang dengan Selai Kacang

Roti dengan Selai Kacang
Sumber: buzzfeed.com

Panggang satu lembar roti gandum dan olesi dengan satu sendok teh selai kacang. Jika bahan-bahan makanan tersebut tidak ada di rumah, hindarilah mengonsumsi makanan berlemak, pedas, terlalu manis, atau mengandung kafein.

Hal ini karena, makanan dengan kandungan tersebut, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh. Selain itu, makanan dengan kandungan tersebut juga akan membuat kamu terjaga lebih lama. Jika kamu ingin memakan atau meminum sesuatu yang manis, maka opsi yang dapat kamu pilih adalah memakan buah atau meminum susu.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓