Sukses

Tips Mewarnai Sepatu Putih Agar Terlihat Keren

Bosan dengan model sepatumu? Yuk kreasikan dengan tips berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Tidakkah kamu merasa bosan dengan model sepatu putihmu yang biasa-biasa saja? Rasanya kamu ingin membeli sepatu baru, tetapi anggaran yang tersedia tidak cukup mendukung. 

Namun, jangan khawatir! Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk membuat sepatumu menjadi lebih indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Bahan yang Dibutuhkan

  • Sepasang sepatu kanvas berwarna putih
  • Penggaris
  • File folder manila atau kertas kaku lainnya
  • Pensil
  • Gunting
  • Spidol kain dengan berbagai warna (sebaiknya gunakan spidol yang memiliki ujung tebal dan tipis)
3 dari 13 halaman

2. Langkah Pertama

Buat garis lurus menggunakan penggaris dan pensil, di dekat tepi file folder manila.

4 dari 13 halaman

3. Langkah Kedua

Gambarlah garis kedua, dengan jarak setengah inci di bawah garis pertama.

Gunakan penggaris untuk membuat sebuah tanda pada setiap interval di kedua garis.Jarak antara tanda yang satu dan yang lain adalah setengah inci.

5 dari 13 halaman

4. Langkah Ketiga

Buatlah pola zig-zag di dalam garis yang telah dibuat sebelumnya, dengan menghubungkan setiap tanda yang ada.

Contohnya, mulai dari sudut kiri bawah di garis kedua, lalu sambung ke tanda kedua di garis pertama. Lalu, hubungkan tanda kedua di garis pertama ke tanda ketiga di garis kedua, dan lakukan seterusnya.

6 dari 13 halaman

5. Langkah Keempat

Setelah pola segitiga terbentuk, potonglah bagian bawahnya sampai menyisakan bagian atas saja. Bagian yang tersisa, akan berbentuk seperti deretan gigi tajam di bagian bawah file folder.

7 dari 13 halaman

6. Langkah Kelima

Sekarang, lepaskan tali yang mengikat pada sepatu kanvasmu jika kamu tidak ingin mewarnainya.

8 dari 13 halaman

7. Langkah Keenam

Posisikan pola zig-zag yang telah dibuat tadi, ke ujung sepatu. Kamu akan bekerja mulai dari bagian depan sepatu ke bagian belakang sepatu.

Posisikan pola tersebut di bagian mana pun yang kamu suka. Namun, akan lebih mudah jika kamu menempatkan sebuah titik dari segitiga tersebut di bagian tengah sepatu.

9 dari 13 halaman

8. Langkah Ketujuh

Jika sudah, pindahkan contoh pola dan periksa baris segitiga lainnya. Pastikan semua pola kurang lebih sama dengan baris sebelumnya. Jika kamu ingin menggunakan gaya yang berbeda, variasikan jarak antara pola.

Tidak ada benar atau salah pada langkah ini, jadi jangan ragu untuk membuat garis kreasimu sendiri. Pastikan pensil yang kamu gunakan dapat memberi tanda dengan cukup jelas pada sepatu, tetapi jangan terlalu tebal agar warnanya tidak akan menembus atau menimpa warna spidol.

10 dari 13 halaman

9. Langkah Kedelapan

Sekarang, kita masuk ke bagian yang menyenangkan! Ambil spidol kainmu dan mulailah mewarnai garis yang ada pada sepatu. Pastikan setiap baris memiliki warna yang berbeda.

Warnanya tidak harus diberi jarak cukup jauh antara garis satu dan lainnya, serta tidak harus berada pada pola garis yang sama. Namun, jika kamu mau, kamu bisa mengubah dan mengkreasikannya sesuka hatimu!

Jika spidol yang kamu gunakan memiliki dua buah ujung yang berbeda, gunakan ujung tipis untuk mewarnai garis tepi dan gunakan ujung tebal untuk mewarnai bagian dalamnya.

Tips: Spidol kain ternyata juga bisa menjadi sangat basah pada saat diaplikasikan. Jadi cobalah untuk mewarnai garis secara bertahap dan berilah jeda selama beberapa menit.

Hal itu dilakukan agar warna yang telah diaplikasikan pada sepatu memiliki cukup waktu untuk mengering. Jika kamu merasa kesulitan pada saat mewarnai, gunakanlah selotip di sekitar sol sepatu atau bahkan untuk melapisi garis tepi.

Cara ini dapat membantu kamu untuk mewarnai sepatu agar tetap rapi dan teratur.

11 dari 13 halaman

10. Langkah Kesembilan

Untuk membuat sepatumu terlihat lebih halus, pastikan kamu juga mewarnai tepi sepatu bagian dalam. Kamu sudah melewati tahap sejauh ini, jadi pastikan untuk tidak melewati langkah ini.

Tips: Pastikan kamu mewarnai semua sudut dan celah. Biasanya bagian lapisan antara sepatu dan sol merupakan bagian yang rentan. Itu karena, bagian tersebut dapat terlewat pada saat melakukan proses pewarnaan.

Jadi, pastikan bahwa kamu memeriksa ulang dengan teliti dan jangan sampai meninggalkan areal berwarna putih.

12 dari 13 halaman

11. Langkah Kesepuluh

Sekarang, waktunya untuk mewarnai bagian lidah sepatu. Hasil dari bagian ini bisa menjadi sedikit aneh lantaran sulit untuk mendapatkan sudut yang bagus.

Namun, jangan khawatir, karena bagian lidah ini tidak telalu terlihat maka kamu tidak perlu mewarnainya dengan sangat akurat. Lakukan yang terbaik dan warnai bagian-bagian yang bisa kamu lihat.

Jangan lupa untuk mencocokkan warna pada pola yang ada di sisi sepatu.

13 dari 13 halaman

12. Langkah Kesebelas

Pada bagian ini, yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan sisa bahan yang tidak terpakai serta menyimpan barang yang lain kembali ke tempatnya.

Setelah warna yang ada pada sepatu mengering, pakailah untuk berjalan-jalan ke luar ruangan. Gunakan sepatu indahmu dengan penuh percaya diri dan buatlah setiap hari menjadi hari yang menyenangkan. Selamat mencoba!

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.