Sukses

3 Tips Pilih Pakaian Olahraga yang Nyaman

Selain sepatu yang digunakan, ternyata faktor lain yang memengaruhi kenyamanan seseorang saat berolahraga adalah pakaian yang dikenakan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakukan olahraga dengan intens, kita pasti akan merasa lelah, penat, nyeri, dan tentu saja dipenuhi dengan keringat. Namun percaya atau tidak, pakaian yang kita kenakan pada saat berolahraga juga berpengaruh pada apa yang kita rasakan saat melakukan olahraga.

Beberapa faktor yang memengaruhi antara lain adalah kenyamanan pakaian yang digunakan. Termasuk jenis atau bahan kain yang digunakan, apakah cocok untuk jenis olahraga yang akan dilakukan.

Dilansir dari Everyday Health, berikut adalah beberapa tips untuk memilih pakaian pada saat berolahraga.

Pilih Bahan yang Nyaman

Pilihlah pakaian dengan bahan kain yang kuat dan lentur. Ada banyak bahan sintetis yang dapat "mengeringkan" keringat pada tubuh. Kain tersebut dapat membantu menguapkan keringat dan menjaga suhu tubuh agar tetap dingin.

Pakaian dari kain yang mengandung polypropylene merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan pada saat berolahraga atau saat melakukan kegiatan lain yang dapat menghasilkan banyak keringat.

Hal itu karena, kain tersebut memungkinkan keringat menguap dari kulit dan tidak meresap ke dalam pakaian. Jadi bahan tersebut tidak akan membuatmu merasa sangat berkeringat atau merasa tidak nyaman.

Pertimbangkan ulang pada saat akan menggunakan bahan katun. Kaus dan celana yang terbuat dari bahan katun di satu sisi dapat menyerap keringat, tetapi bahan tersebut tidak membantu menguapkan keringat dengan cepat. Itulah sebabnya pakaian yang terbuat dari bahan katun akan terasa berat dan cepat basah pada saat digunakan untuk berolahraga.

Hindari juga pakaian yang yang terbuat dari bahan dasar karet atau plastik. Itu karena, bahan tersebut tidak menguapkan keringat dan menjaga suhu tubuh tetap tinggi selama berolahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Bahan yang Tepat

Untuk memastikan bahwa pakaian olahragamu cocok digunakan pada tubuh dan jenis olahraga yang akan kamu lakukan, pertimbangkan beberapa tips berikut.

Pastikan kamu menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Namun, jika kamu pergi berlari atau bersepeda, hindari celana yang terlalu lebar atau longgar. Itu karena, celana tersebut dapat tersangkut pada pedal sepeda atau terinjak oleh kakimu.

Untuk kegiatan seperti yoga atau pilates, kain yang lentur dan dapat menguapkan keringat adalah pilihan yang tepat. Secara umum, ingatlah bahwa kamu tidak ingin menggunakan pakaian yang dapat menghalangi aktivitas yang kamu kerjakan.

Sesuaikan dengan Cuaca

Jika kamu melakukan olahraga di luar ruangan, sesuaikan pakaian dengan cuaca di luar ruangan. Beberapa tips yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut.

  1. Cuaca panas, selama cuaca yang hangat atau panas, pastikan untuk memilih pakaian dengan bahan yang memungkinkan kulitmu untuk bernapas dan menghilangkan keringat dengan cepat. Pakaian yang nyaman akan membuatmu dapat bergerak dengan bebas.
  2. Cuaca dingin, ketika cuaca di luar sedang dingin, pastikan kamu menggunakan pakaian yang hangat. Namun, harus tetap diingat bahwa kamu akan pergi berolahraga sehingga akan meningkatkan detak jantung dan suhu tubuhmu. Gunakan pakaian berlapis yang mudah dilepas dan gunakan pakaian yang lebih hangat dari suhu di luar ruangan. Jangan lupa untuk selalu menutupi bagian kepala, telinga, dan tangan untuk melindunginya dari hawa dingin.
  3. Cuaca hujan atau berangin, tidak ada yang dapat merusak rencana olahraga di luar ruangan lebih cepat daripada hujan deras atau angin kencang. Saat cuaca tersebut, gunakanlah pakaian berlapis yang dapat melindungi tubuhmu dari angin kencang serta paparan air hujan secara langsung.

Namun tidak peduli cuaca apa pun yang sedang terjadi, gunakanlah pakaian senyaman mungkin untuk berolahraga serta perhatikan selalu cuaca di luar ruangan.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.