5 Rahasia Mengapa Kopi di Coffe Shop Lebih Nikmat

Oleh Liputan6dotcom pada 04 Apr 2019, 13:00 WIB
Ilustrasi es kopi

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pencinta kopi, tentu ada kepuasan tersendiri ketika mengunjungi kafe atau kedai dan menikmati secangkir kopi favorit. Namun, jika harga kopi yang ada di kedai tersebut terlampau mahal, tentu kita akan mencoba mencari cara lain untuk menikmati kopi tersebut.

Cara yang sering dilakukan yakni membuat sendiri kopi tersebut di rumah, karena dirasa dapat menghemat pengeluaran dan memberikan kemudahan saat ingin meminum kopi.

Namun, ketika cara itu dieksekusi, hasil yang didapat sering kali tidak berujung manis. Kopi yang dibuat sendiri biasanya rasanya tidak bisa sama persis bahkan bisa dibilang tidak enak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Dilansir dari HuffPost, Rabu (3/4/2019), terdapat alasan universal kenapa rasa kopi rumahan dengan rasa kopi di kafe atau kedai tidak bisa sama persis. Alasannya adalah, membuat kopi sendiri di rumah merupakan tugas yang kurang penting dan kurang menantang pada saat dilakukan.

Alasan tersebut akhirnya berpengaruh pada bahan baku serta proses yang digunakan pada saat membuat kopi. Ternyata ada bahan serta proses pembuatan yang sering kali kurang diperhatikan. Nah, penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Kadar Air

Kadar air sering kali dianggap sepele pada saat membuat kopi. Padahal bahan ini merupakan bahan yang cukup vital, apalagi jika takarannya tidak sesuai.

Kualitas air yang baik biasanya tergantung pada daerah tempat tinggal. Jika airnya sedikit berbau atau meninggalkan rasa yang aneh di dalam mulut, kemungkinan besar air tersebut tidak akan terasa enak pada saat digunakan untuk menyeduh kopi.

Faktor lain yang membedakan rasa kopi rumahan dengan kopi yang ada di kafe atau kedai adalah suhu air.

Idealnya, kopi harus diseduh pada suhu antara 195°F hingga 200°F. Kebanyakan mesin pembuat kopi tidak bisa mencapai angka tersebut, itu berarti cita rasa kopi yang dihasilkan sudah pasti akan berbeda.

2. Perbandingan Kopi dan Air yang Sesuai

Perbandingan kopi dan air bagi setiap orang berbeda-beda. Itulah sebabnya menemukan perbandingan yang tepat antara kopi dan air sangat dibutuhkan untuk menciptakan cita rasa yang khas.

Hal ini merupakan gagasan yang menarik ketika kita harus mengukur perbandingan antara kopi dan air.

2 of 2

3. Diperlukan Skala Khusus

[Fimela] Kisah Kopi
Kedai Kopi Kisah Kopi | Kisah Kopi

Kopi rumahan menjadi sebuah kerajinan atau sebuah seni yang memerlukan beberapa tingkat ketelitian. Kita tidak bisa selalu mengikuti resep ataupun mendapatkan hasil yang sama setiap saat.

Kita hanya bisa menarik skala tertentu dan memprediksi hasil yang akan didapat. Alasan lain mengapa skala menjadi begitu penting adalah karena takaran yang digunakan tidak akan selalu sama.

4. Jenis Kopi yang Digunakan

Kopi yang baru ditumbuk akan memberikan perbedaan yang besar pada saat diseduh. Jika kamu merasa tidak puas dengan kopi yang dibuat di rumah, mungkin sudah saatnya kamu membuat kopi sendiri dengan menggunakan mesin penggiling.

Menggiling kopi dapat diumpamakan dengan memotong sebuah roti. Jika sebuah roti dipotong menjadi beberapa bagian dan segera dimakan, maka rasanya pasti lezat. Namun, jika potongan roti tersebut baru dikonsumsi satu jam kemudian maka rasanya pasti akan berbeda. 

5. Peralatan yang Digunakan

Pastikan peralatan yang digunakan untuk menyeduh kopi, selalu dalam keadaan bersih. Itu karena, kopi mengekstrak minyak dan secara perlahan bisa mengubah warna cangkir yang digunakan. Biasakan untuk menggosok cangkir dengan sabun dan air panas untuk membersihkan minyak yang menempel.

Namun pada akhirnya, apa pun preferensi yang tesedia hanya akan memberi pengaruh sedikit pada cara membuat kopi. Tetap saja, kopi terbaik adalah kopi yang dibuat dengan gaya dan preferensi sendiri.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓