Sukses

Waspada, 7 Hal Ini Pertanda Jantung Anda Tak Berfungsi dengan Baik

Sakit jantung merupakan salah satu pembunuh teratas di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sakit jantung merupakan salah satu pembunuh teratas di dunia. Sakit jantung tak mengenal usia dan jenis kelamin. Namun semakin banyak yang menderita penyakit ini karena gaya hidup.

Berikut ini 7 pertanda yang harus Anda ketahui untuk waspada terhadap penyakit jantung. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Batuk yang tak mau berhenti

Batuak dapat berasal dari berbagai masalah dan juga bisa menjadi tanda penyakit kardiovaskular. Batuk terus-menerus yang menghasilkan cairan berwarna merah muda yang mengandung darah sangat umum terjadi pada gagal jantung. Namun, batuk adalah sub-gejala dari gejala yang jauh lebih serius, yaitu dispnea dan kehilangan napas secara tiba-tiba.

2. Nyeri yang menyebar ke lengan

Banyak pria yang mengalami rasa sakit di lengan kiri, sementara wanita mengalami rasa sakit yang sama di salah satu atau kedua lengan. Mereka tidak menyadari bahwa ini terjadi karena rasa sakit dari jantung bergerak ke sumsum tulang belakang di mana terletak banyak saraf. Otak pun menjadi bingung dan berpikir bahwa lenganlah yang merasa sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kaki atau pergelangan kaki yang bengkak

Ketika jantung tak mampu memompa dengan baik, cairan dari pembuluh darah akan ke bocor ke jaringan di sekitarnya. Kaki menjadi tempat yang paling umum menderita karena gravitasi. Meski tidak semua kaki bengkak pertanda penyakit jantung, Anda tetap harus waspada.

4. Kurang nafsu makan dan merasa mual

Ini dapat terjadi karena penumpukan cairan di sekitar hati dan usus mengganggu pencernaan. Gejala ini terjadi pada penderita sakit jantung dan diikuti oleh sakit perut. Segera periksakan ke dokter bila ini terjadi.

5. Ruam atau bintik-bintik di kulit yang tak biasa

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology dan Journal of American College of Cardiology ditemukan bahwa eksim dan herpes zoster adalah faktor tinggi risiko penyakit jantung.

Mereka yang memiliki eksim memiliki kemungkinan 48% menderita tekanan darah tinggi dan 29% kemungkinan memiliki kolestrol tinggi. Selain itu, mereka yang menderita herpes zoster memiliki kemungkinan serangan jantung 59% lebih tinggi daripada orang yang tak memiliki kondisi ini.

 

3 dari 3 halaman

6. Sering pingsan

Merasa pusing dan kehilangan kesadaran sangat umum terjadi di antara pasien penyakit jantung. Ketika jantung tak memompa darah dengan baik, itu karena aliran darah di arteri tersumbat.

7. Kulit berwarna pucat atau kebiruan

Ini terjadi ketika jumlah sel darah merah berkurang dan bisa jadi pertanda jantung tak memompa darah seperti seharusnya. Shock adalah alasan utama untuk gejalan ini dan pucat dapat muncul di seluruh tubuh.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.