Apa Kata Netizen di Debat Capres Jokowi Vs Prabowo?

Oleh CameliaSulung LahitaniYulia Lisnawati pada 30 Mar 2019, 21:47 WIB
Diperbarui 30 Mar 2019, 21:47 WIB
Keakraban Jokowi dan Prabowo Usai Debat Kedua Pilpres
Perbesar
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres 2019 memasuki putaran keempat. Untuk debat yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Sabtu, 30 Maret 2019 ini, akan dilakukan enam segmen dengan satu sesi debat eksploratif di dalamnya.

Seperti pada debat kedua, yang akan bertarung kali ini hanya capres dari kedua belah pihak yakni Jokowi dan Prabowo. Debat capres keempat akan dipandu oleh moderator Zulfiqar Naghi serta Retno Pinasti dengan tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Sebanyak sembilan orang panelis telah ditunjuk oleh KPU untuk memantau jalannya debat. Mereka yakni Rektor Universitas Cendrawasih Apolo Safanpo, Pakar Ideologi UIN Salatiga Zakiyuddin, Pakar Ideologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Ahli Pemerintahan UI Valina Singka Subekti, Sekjen Transparency International Indonesia Dadang Trisasongko, Pakar Hubungan Internasional Unair I Basis Eko Soesilo, Ahli Pemerintahan UGM Erwan Agus Purwanto, Pakar Hubungan Internasional UI Kusnanto Anggoro, serta Direktur Imparsial Al Araf.

Debat capres akan dimulai pada pukul 29.00 WIB hingga selesai. Segmen pertama merupakan penyampaian visi-misi, sedangkan segmen kedua dan ketiga adalah segmen tanya jawab dari tim panelis. Selanjutnya, segmen keempat merupakan debat ekploratif dengan pemantik diskusi dengan tayangan video dari tim panelis.

Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.

Seperti apa respon publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai debat capres putaran keempat ini? Berikut pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, Sabtu (30/3/2019).

2 dari 7 halaman

Visi dan Misi

Peluk Hangat Jokowi - Prabowo Akhiri Debat Perdana Pilpres 2019
Perbesar
Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kedua paslon calon presiden telah menyiapkan visi dan misi yang akan ditawarkan ke publik di Pilpres 2019. Ada pun visi Jokowi-Ma'ruf yakni "Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong."

Upaya dalam mewujudkan visi Jokowi-Ma'ruf ditempuh melalui 9 misi, penjabaran visi dan misi ini tertuang pada berkas visi misi Jokowi-Ma'ruf yang terdiri dari 38 halaman. Pada tiap misinya terdapat program-program yang ditawarkan Jokowi-Ma'ruf.

Sementara itu, visi dari pasangan Prabowo-Sandi adalah "Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat dalam bingkai persatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945." Pada bagian misi, Prabowo-Sandi menetapkan 5 poin.

Berikut respons netizen mengenai visi-misi kedua paslon calon presiden pada Debat Pilpres 2019:

“Kalau kita bicara ideologi, Pak Jokowi punya komitmen dalam Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam visi misi disebutkan, nanti akan ada upaya menstandarisasi kurikulum pendidikan untuk lebih di-Pancasilaisasi lagi,” tulis akun @AmarisBella. 

“Visi dan misi Jokowi untuk sebesar-besarnya kemajuan Indonesia,” sahut akun @ahnaftony.

“Jokowi siap memaparkan visi dan misi dalam hal ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional demi Indonesia maju,” komentar akun @Nike_N03.

Sementara akun @aditputra mengatakan, “Dilan dibawa ke visi misi bro milea ga diajak ni bro.”

“Lebih baik berkampanye dengan porgram-program agar masyarakat dan rakyat tahu apa yang menjadi visi misi paslon. #PanggungSandiwara,” tulis akun @Indrilestaris.

“Misi.visi... Jokowi lebih kalem dan tenang. Lawannya Prabowo tegang,” komentar akun @made_nariana.

“Penyampaian Visi dan Misi @jokowi Mantuull,” sahut akun @Ernijasin. 

Sementara akun @musniumar, berkomentar “Prabowo sangat komprehensif dan tepat waktu dalam menyampaikan visi misi bidang ideologi, pemerintahan, pertahanan keamanan dan hubungan internasional.”

“Gila keren banget penyampaian visi-misi Paslon capres no urut 01

#01DILANjutkan,” kata akun @Doni87273180.

“Makin jatuh cinta akutu #01DILANjutkan baru juga dnger pemaparan visi misi dan program kerjaa,” kata akun @MaSupriatna.

 

3 dari 7 halaman

Segmen Kedua

Tiba Lebih Awal, Prabowo Sapa Wartawan di Lokasi Debat Keempat Pilpres 2019
Perbesar
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto saat tiba di lokasi debat keempat Pilpres 2019 yang diselenggarakan KPU di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Debat kali ini mengangkat tema tentang ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. (Liputan6.com/JohanTallo)

Pada segmen ke-2, kedua capres Jokowi dan Prabowo menjawab pertanyaan dari panelis mengenai Ideologi. Capres nomor urut 2 Prabowo mendapat kesempatan pertama diikuti Jokowi. Berikut respons netizen.

Tema Ideologi:

Akun @sejak1987 berkomentar, “Berbicara ideologi, paling tidak memahami kearifan lokal yang ada dalam kehidupan masyarakat. #SavePancasila.”

“Jokowi berkomitmen serius menjaga Pancasila sebagai ideologi negara tercinta. #01DILANjutkan,” sahut akun @Emak_Milenial_

“Prabowo: Bagi Kami Pancasila Adalah Ideologi Final dan Kami Bertekad untuk Mempertahankan Sampai Titik Darah yang Terakhir,” tulis akun @CakKhum.

“Prabowo sangat komprehensif dan tepat waktu dalam menyampaikan visi misi bidang ideologi, pemerintahan, pertahanan keamanan dan hubungan internasional,” komentar akun @musniumar. 

Sementara akun @NaradhiptaJogja berkomentar, “Ideologi Pancasila adalah nafas dari rakyat Indonesia #JokowiMengubahSemua #01DILANjutkan.”

Akun @BungaaDesa berkomentar ,”Pancasila adalah rujukan utama dalam membangun sistem demokrasi kita,   sehingga nilai-nilai kerakyatan dan permusyawaratan menjadi pegangan utama, maka malam debat capres ke 4 ini @jokowi akan secara tegas bahwa Pancasila adalah   ideologi yang harga mati.” 

Sementara akun @AkhihitoKanbara menanggapi, “Mas @prabowo dengan Tegas akan melawan siapapun yg ingin merubah ideologi Pancasila. Dengerin tuh bong, pertanyaan kalian udah dijawab Ama mas Prabowo.”

“Debat malam ini final sudah, sedikitpun tdk diragukan lg kpd seorang PRABOWO SUBIANTO ttg ideologi pancasila. Jd kalau masih ada manusia yg mempersoalkannya dia adlh manusia yg tdk sehat jiwanya. Kami rkytmu tahu bhw jiwa & ragamu akan dipertaruhkan utk  kejayaan pancasila,” kommentar akun @ChristWamea. 

“Keberanian Presiden Jokowi menindak kelompok yang dianggap radikal merupakan langkah substansial menjaga ideologi Pancasila.  #01DILANjutkan,” tulis akun @ianiyannn.

“Ideologi PANCASILA justru lebih kuat di era pak @jokowi #01DILANjutkan,” kata akun @Kasma_Yana.

Tema Pemerintahan:

“Pelayanan yang berbasis elektronik telah dilakukan di pemerintahan pak Jokowi #01Dikan,” tulis akun @layyinahh.

“Ide dan gagasan yg begitu fresh dengan menciptakan #PemerintahanDILAN . pemerintah bertransformasi menuju pemerintahan yg lebih cepat, efektif, dan efisien,” komentar akun @TrotoarU.

“keren nih pakde. pemerintahan kedepannya bakalan makin cepet nih melayani rakyat. pemerintahan yg DILAN (Digital Melayani). gokil nih DILAN nya pakde #JokowiMengubahSemua #01DILANjutkan,” sahur akun @EChairunnissa.

Sementara kun @Sukrongempar berkomentar, “Dalam hal pemerintahan Jokowi terbukti sukses sebagai wali kota, gubernur, dan presiden. #01DILANjutkan.”

“Prabowo Sandi akan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia, membentuk pemerintahan yang bersih dan tegas,” tulis akun@BasukiAyu.

“Dibawah pemerintahan @prabowo dan @sandiuno insya Allah Indonesia kembali jaya, Dari rakyat untuk rakyat kembali ke rakyat,” kata akun @abdul_Siompu.

4 dari 7 halaman

Segmen Ketiga

Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Perbesar
Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Pada segmen ketiga, kedua capres Jokowi dan Prabowo menjawab pertanyaan dari panelis mengenai tema Pertahanan dan Keamanan, dan Hubungan International. Berikut respons netizen.

Tema Pertahanan dan Keamanan:

"Sesi ke-3, @prabowo luar biasa berikan jawaban yg sangat tepat bagaimana memoderenkan persenjataan utk menjaga pertahanan dan keamanan itu dg menetapkan programnyavterlebih dahulu utk menyelamatkan manusia dan sumberdaya alam agar bangsa dan negara menjadi kuat!" komentar akun @AgusKodri. 

Sementara akun @ronins08 menulis, "Resumenya: Pertahanan Indonesia terlalu lemah karena apa? Karena gak punya uang. Makanya kita mesti menjaga harta kita biar gak lari ke luar."

"Jokowi telah membuktikan praktik sistem pertahanan dan keamanan yang terbaik untuk Indonesia. #01DILANjutkan," kata akun @Sumadilan. 

"yang di tanya tentang pertahanan dan kemanan negara kok jawab nya harta kekayaan negara bocor ke luar negri. #DebatKeempatCapres2019," cuit akun @akbarfikri2. 

"Jawaban 01 masalah transparansi anggaran pertahanan tidak nyambung dan overtime," kata akun @AzzFadli.

"Soal pertahanan jelas skali apa yg sudah dan akan dikerjakan Jokowi, tulis @rona_silitonga. 

"Ini bahasan agak kurang kondusif, beberapa informasi negara dibidang pertahanan dan keamanan tersampaikan dipublik, positifnya keterbukaan informasi," jelas akun @PeriRWN. 

"saya setuju kok pertahanan dan keamanan memang lemah :')" tulis @NuritaRY. 

"Perlunya kepercayaan kepada TNI kita serta didukung teknologi yg maju dlm menjaga keamanan negara kita #01DILANjutkan," komentar @imsalPutih. 

Tema Hubungan International:

"Ko hubungan internasional, yg diandalkan penduduk muslim terbanyak... modal yang lainnya apa ??" kata @DRohendi3. 

"Negara indonesia penduduk muslim terbesar didunia suatu bentuk diplomasi hubungan internasional . #PemerintahanDILAN," komentar akun @CameliaFeroza. 

"Pembahasan Hubungan Internasional Gak ada yang mau menawarkan kerjasama dengan Avenger nih? #DebatKeempatCapres2019 #DebatTongkrongan," cuit @siskasyarif. 

"Pak jokowi kurang mendetail menjawab tentang hal yang akan di tawarkan untuk hubungan internasional. Bagaimana dengan pak prabowo?" tanya akun @fadel_siUmay. 

"Pertahanan negara dan hubungan internasional. 02 lebih menguasai. sesi sebwlumnya 01 yg lebih kuat," komentar @rizal_abdulgani. 

"Perkembangan investasi dalam hal hubungan internasional #01DILANjutkan," kata @syahruladelio. 

"Sebagai anak HI Denger penjelas dari Capres di debat tentang Hubungan Internasional hari ngga puas. Padahal hanya tinggal jawab Diplomasi apa yg mau di kedepankan Indonesia dalam Hubungan Internasional. Tapi jawab nya kemana-mana," tulis akun @Ansi_Jene 33s34. 

" Hubungan Internasional "Pak Prabowo emosi keluar dr tema hub internasional, msh blm move on dr tema pertahanan & keamanan..pak Jokowi ttep cool donk ga mo kepancing & tetep dijalur tema hub internasional" komentar akun @Yuanitaaurora_P. 

5 dari 7 halaman

Segmen Keempat

Kehangatan Jokowi - Prabowo Awali Debat Keempat Pilpres 2019
Perbesar
Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (dua kiri) berpelukan dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (dua kanan) saat mengikuti debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Liputan6.com/JohanTallo)

Di segmen keempat, capres nomor urut 01 Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo akan melakukan debat terbuka dengan saling melempar pertanyaan satu sama lain. Berikut respons netizen. 

"Equalitarian style, dynamic style harmoni dari kualitas masing² calon #DebatKeempatPilpres2019," kata akun @OmiLaily. 

"luar biasa, sampai debat pilpres keempat para capres masih konsisten, yang diperlihatkan adalah ketidakpahaman keinginan publik, ketidakmatangan isu dan juga sikap arogansi. kereenn. #DebatPilpres2019 #DebatKeempatPilpres2019" komentar @rsetyawn_. 

"Yang satu bangga sama prestasinya, tapi kurang serius memahami permasalahan negara. Yang satunya lagi ambisius menjaga bangsa, tapi baperan karena merasa paling tentara, jd mending mana? #DebatPilpres2019 #DebatKeempatPilpres2019," cuit akun @munggaraan. 

"Sebaiknya setiap klaim ato isu yg disebutkan capres #2 hrs jg disertai fact atau data, & jg ada baiknya berikan solusi konkrit biar fair play gt loohh! seolah2 situ yg paling paham keadaan, anda itu cm liat, capres #1 yg mikir & melaksanakan #DebatKeempatPilpres2019," cuit akun @AWihartatik. 

"Susah memang mengakui kelemahan sendiri.. Dri dlu juga masalah pertahanan dan alutsista kita udah tertinggal..," komentar @Jend_Zecks. 

"Bener banget nih pak Jokowi~ investasi alutsista dengan teknologi terbaru penting banget, jaman makin maju, penjahat pun pasti punya banyak cara baru dengan teknologi baru. Kalo ngga invest, gimana mau melindungi negara? #JokowiDilan #PemerintahanDILAN #DebatPilpres2019," tambah akun @gumballgembel.

 

6 dari 7 halaman

Segmen Kelima

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Perbesar
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Berikut respons netizen.

"Mas wowo, jangan cuma ngeluh. Kemana aja kemarin2? Canda aja kamu loh ini #DebatPilpres2019," cuit @mkarinaps.

"Ini orang kelohatannya galak banget. Mencitrakan diri sebagai mantan jenderal TNI tegas. Bahasnya perang melulu.

Giliran sama koruptor lembek banget. #DebatPilpres2019," cuit @aditryan.

"... Kita tidak terlalu dihormati diluar Indonesia karena mereka tau Indonesia utang banyak, import makan... Dimana kita dihormati!? Maaf! ... Kita tidak dihormati di ASEAN..."

- Prabowo#DebatKeempatPilpres2019 #DebatPilpres2019," cuit @neyclaire.

"can someone teach Prabowo the theory of international trade and the factors impacting import and export also debt #DebatPilpres2019," cuit @antoekneestark.

"Pak pak, Indonesia sekarang jadi anggota DK PBB loh. Walaupun anggota tidak tetap, tapi menurut saya itu salah satu bukti Indonesia dihormatiti dan dipercaya oleh negara-negara lain terutama yang ngevote Indonesia eheheh. #DebatPilpres2019," cuit @nadyya000.

"Simplenya sbg millennial, gue gamau sistem dan sosial kembali ke jaman orba. Gamau teknologi malah downgrade dan berpikiran utk melakukan hate ke negara lain (bkn negosiasi secara baik) dan perang. Ga ada freedom of speech? Nope. Lu aja. #DebatPilpres2019," cuit @MariaaChristy.

"Katanya pake Teknologi lama aja... tapi bilang kapal selam kita beli yang kalah sama Singapur beli... jadi harusnya gimana Pak #DebatPilpres2019," cuit @ferdilesgabriel.

""Mata uang lemah"

Bener bener pengen di sleding sama bu sri !!!#DebatPilpres2019," cuit @WietaRosita.

"Wowo: I will lead Indonesia to be strong, advanced, victorious, valued, and not ridiculed mockingly by foreigners. That's Prabowo-Sandi's mission.

I thought to myself: But, how?

Wowo: .... *krik*krik*

#DebatPilpres2019," cuit @Andres_js07.

"#DebatPilpres2019 keamanan bukan soal militer saja, tapi aman dari ancaman ekonomi, penyakit dan paham2 yang memecah belah," cuit @yho2nkz.

7 dari 7 halaman

Segmen Keenam

Kehangatan Jokowi - Prabowo Awali Debat Keempat Pilpres 2019
Perbesar
Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (dua kiri) saling hormat dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (dua kanan) saat mengikuti debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Liputan6.com/JohanTallo)

Segmen keenam merupakan segmen terakhir. Tiap kandidat capres menyampaikan pernyataan penutup mereka. Berikut respons netizen.

"Hm in case people dont know yet, there is a policy in ASEAN named “no interference policy” means that each country in ASEAN could not do any interference towards each other internal affairs. #DebatPilpres2019," cuit @nyayuistay.

"Closing statmentnya sama sama adem.. Joooossss #DebatPilpres2019," cuit @alammayadotcom.

"APAAN INI CLOSING STATEMENT TERBAPER😂#PemerintahanDILAN #DebatPilpres2019," cuit @iki_diah.

"Akhirnya pernyataan sayang dr keduanya  #DebatPilpres2019," cuit @Stpoeti.

"pak jokowi: "saya suka naik sepeda. rantainya sering putus. tapi percaya lah, rantai persahabatan kita tak akan pernah putus"

kapan temen gua kek gini :(((( #DebatPilpres2019," cuit @R_Carensia.

"debat bukanlah hal terpenting, hal yang tepenting adalah masa depan bangsa ini, masadepan rakyat Indonesia, yakinlah pak Prabowo yakinlah bahwa persahabatan diantara kita tidak akan perna putus,,,,, #PemerintahanDILAN#DebatPilpres2019 #DebatAsyikJokowi," cuit @Lindaayunda9

"Solo vs. Banyumas-Minahasa#DebatPilpres2019," cuit @bimbombash.

"Huhuuu telat pulang :(Telat nonton adu aduan calon presiden :((

#DebatPilpres2019 #DebatCapres2019," cuit @nonadianya.

"Closing statementnya pak Jokowi mengendalikan emosi prabowo. Apa yg hendak diucapkan jadi lenyap semua #DebatPilpres2019," cuit @yoedidharma.

"sesi terakhir: bahas persahabatan mereka berdualagu: kemesraanlayar: foto pak jokowi sama pak prabowo

mesra nya melebihi pasangan lain ;u; #DebatPilpres2019," cuit @R_Carensia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓