Sukses

Gula hingga Daging Olahan, 8 Makanan Ini Sebabkan Penuaan Dini

Makanan-makanan berikut ini membuat Anda cepat keriput dan alami penuaan dini

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa makanan yang Anda konsumsi mungkin terlihat tak berbahaya pada awalnya. Padahal, bila dikonsumsi secara rutin, dapat memberi efek negatif pada tubuh.

Kandungan gula, lemak tidak sehat, garam berlebihan, bahkan kafein di dalamnya lah yang membuat tubuh merasakan dampak negatif itu. Makanan-makanan berikut ini harus Anda waspadai.

Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Lemak trans menghambat aliran darah ke kulit

Lemak trans dapat ditemukan di makanan cepat saji, makanan yang digoreng, margarin, makanan kalengan beku, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut tak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tapi juga menyempitkan pembuluh darah. Ini dapat menghambat aliran darah ke kulit dan menyebabkan penuaan dini serta kerutan.

2. Gula menghancurkan protein dan lipid

Gula bertanggung jawab atas kenaikan berat badan, membuat keriput dan kuli kendor, serta merusak kesehatan secara umum. Makan terlalu banyak gula memulai proses yang disebut glikasi yakni mengikat glukosa dengan protein dan lipid. Proses ini merusak kolagen kulit Anda dan mendorong timbulnya keriput.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Alkohol membuat racun bertumpuk di tubuh

Segelas anggur atau minuman beralkohol lainnya mungkin tak berbahaya bila diminum, tapi bila diminum secara teratur akan berpengaruh pada kerja hati Anda. Bila racun menumpuk di hati dan tak terurai dengan baik, akan menyebabkan kerusakan pada kulit seperti jerawat, tidak elastis, dehidrasi, bengkak, dan lainnya.

4. Garam dapat membuat keriput

Garam berlebih dapat ditemukan di banyak produk makanan ringan serta cepat saji. Garam menyebabkan tubuh menahan air dan tubuh seperti bengkak. Selain itu, sel juga menyusut karena garam dan membuatnya dehidrasi. Tak cukup air membuat kulit keriput dan Anda menua lebih cepat.

 

3 dari 4 halaman

5. Daging olahan bikin dehidrasi

Sosis, bacon, dan daging-daging olahan disukai banyak orang. Padahal konsumsi daging olahan yang kaya garam dan pengawet dapat memicu peradangan dan dehidrasi. Produk-produk tersebut juga mengurangi vitamin di tubuh yang penting dalam pembentukan kolagen.

6. Daging hangus merusak kulit

Saat mengonsumsi daging yang dibakar, Anda suka mencuil bagian hitamnya yang terbakar arang? Padahal bagian tersebut justru yang mengandung hidrokarbon pro-inflamasi.

Ini dapat memecah esensi kulit seperti kolagen yang membuat Anda terlihat lebih tua. Ada baiknya Anda menyingkirkan bagian kehitamannya.

 

4 dari 4 halaman

7. Kopi dan minuman berkafein sebabkan kulit kering

Kafein bersifat diuretik yang berarti membuat Anda lebih banyak mengeluarkan cairan dan kurangnya kelembaban di tubuh. Ini membuat kulit kering. Biasakan minum segelas air setelah minum secangkir kopi.

8. Makanan pedas sebabkan bengkak

Makanan pedas bisa menyebabkan bengkak karena melebarkan pembuluh darah. Ini juga membuat kulit tampak merah, bernoda, dan tak awet muda. Sesekali tak apa, tapi bila terlalu banyak dan terus-terusan, berhati-hati lah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.