Sukses

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong

Bagi traveler atau yang suka bepergian ke luar kota perlu tahu jenis kamar hotel agar enggak keliru memilih kamar.

Liputan6.com, Jakarta Hotel menjadi salah satu tempat yang akan dikunjungi ketika sedang malakukan kunjungan atau perjalanan keluar kota atau bahkan negara untuk tempat beristirahat. Berbagai macam jenis hotel saat ini sudah tersedia untuk kamu yang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda juga. 

Contohnya untuk para traveller, mungkin hotel dengan pemandangan yang indah atau hotel dengan suasana yang menarik menjadi pilihannya. Namun tahukah kamu setiap hotel pasti memiliki jenis-jenis kamarnya masing-masing.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin (25/3/2019) tentang jenis kamar hotel yang perlu kamu ketahui agar tidak salah memilih dan sesuai kebutuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis kamar hotel berdasarkan jumlah tempat tidur

1. Single room

Single room atau single studio room adalah jenis kamar hotel yang umum dimiliki setiap hotel. Single room biasanya hanya terdiri dari satu ruangan yang berisi hanya satu tempat tidur, sofa, dan kamar mandi.

Jenis kamar hotel single room cocok satu orang saja karena memang fasilitas dan kapasitas yang tidak besar. Single room juga biasanya lebih banyak diminati oleh para traveller yang bepergian sendirian, karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis kamar hotel lainnya.

2. Twin room

Jenis kamar hotel twin room memiliki dua buah tempat tidur yang biasanya terpisah dan masing-masing berukuran single. Namun dua tempat tidur ini dapat disatukan dan diletakan berdampingan sesuai dengan keinginan pemesan kamar hotel. Twin room biasanya digunakan untuk pasangan suami istri, atau saudara, hingga teman yang menginap bersama.

3 dari 4 halaman

Jenis kamar hotel berdasarkan jumlah tempat tidur

3. Double room 

Kamar hotel jenis double room memiliki tempat tidur berukuran besar yang muat untuk dua orang. Double room lebih cocok digunakan untuk pasangan suami istri yang sedang berbulan madu atau pasangan suami istri yang belum memiliki anak.

4. Triple room/ family room

Jenis kamar hotel berdasarkan tempat tidurnya yang terakhir adalah triple room atau family room. Seperti namanya, kamar hotel ini cocok untuk keluarga dengan satu tempat tidur berukuran besar untuk dua orang dan satu tempat tidur berukuran kecil atau single. Triple room juga bisa berisi tiga tempat tidur berukuran single. Untuk triple room, ruangan biasanya akan lebih luas.

4 dari 4 halaman

Jenis kamar hotel dari fasilitas yang diberikan

1. Standar room (STD)

Standar room atau kamar standar adalah kamar yang umum disediakan oleh setiap hotel. Standar room juga merupakan jenis kamar hotel yang murah karena fasilitas yang diberikan terbilang standar, seperti televisi, meja, kamar mandi, hingga lemari es.

Setiap hotel memiliki penawaran fasilitas standar room yang berbeda-beda. Hotel bintang dua dan binta lima pasti akan berbeda-beda fasilitasnya. Namun diatas adalah fasilitas standar yang biasa diberikan.

2. Superior room (SUP)

Setiap hotel memang memiliki standarisasi fasilitas yang berbeda-beda. Tergantung dari bintang berapa hotel tersebut, hingga harga yang ditawarkan. Superior room merupakan jenis kamar hotel yang lebih baik dari sisi fasilitas hingga ukuran yang diberikan dibandingkan standar room. Perbedaan superior room dengan standar room mungkin tidak terlalu terlihat. 

3. Deluxe room (DLX)

 

Berbeda dengan superior dan standar room, deluxe room di desain lebih menarik dan lebih lengkap fasilitasnya. Selain itu deluxe room juga kadang ditempatkan di area yang lebih baik dibandingkan standar dan superior room. Namun deluxe room pada beberapa hotel terkadang juga lebih rendah dari fasilitas hingga ukurannya dibandingkan jenis kamar hotel superior room. 

4. Junior suit room (JRSTE)

Junior suit room atau juga sering dikatakan studio (STU) adalah jenis kamar hotel yang memiliki fasilitas seperti tempat duduk atau ruang tamu yang terpisah dengan ruang tidur. Dua ruangan ini terpisah oleh pemisah kecil seperti tembok atau lemari besar. Beberapa hotel yang memiliki jenis kamar junior suit room juga memiliki dapur.

5. Suit room (STE)

Jenis kamar hotel ini bisa dikatakan mirip dengan sebuah apartemen kecil yang berada di dalam hotel. Dengan fasilitas seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan kamar mandi yang terpisah, jenis kamar hotel ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang sedang berbisnis hingga keluarga yang ingin menginap cukup lama.  

6. Presidental Suit

Presidental bisa dikatakan sebagai jenis kamar hotel suit room yang lebih luas lagi. Jenis kamar hotel ini adalah janis kamar yang terbaik dan termahal dari sebuah hotel. Tidak semua hotel memiliki presidental suit. Fasilitas yang diberikan kamar inipun merupakan fasilitas yang terbaik yang ditawarkan oleh hotel.

Hotel juga biasanya akan memberikan pemandangan yang paling bagus untuk jenis kamar hotel ini. Kamar seperti ini biasanya digunakan oleh orang-orang penting, seperti pejabar, miliarder, hingga seorang presiden.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini