Sukses

6 Wisata Tegal, Destinasi yang Cocok Buat Kamu Pencinta Alam

Banyak potensi yang dapat dikembangkan pada wisata Tegal ini, selain hanya warteg (warung Tegal) saja.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Tegal ternyata memiliki banyak objek wisata yang dapat menjadi opsi liburan. Kabupaten yang berisi di pesisir utara pulau Jawa ini memiliki objek wisata seperti pantai, waduk, curug, dan bahkan wisata laik Instagram lainnya.

Wisata Tegal memang tidak terlalu sering terdengar di telinga para wisatawan. Tegal malah lebih terkenal karena warung makannya yang ada di mana-mana, yaitu warteg atau warung Tegal.

Akan tetapi, banyak potensi yang dapat dikembangkan pada wisata Tegal ini. Selain itu, ternyata objek-objek wisata di Tegal juga memiliki banyak pengunjung. Tegal yang terletak di jalur Pantura ini juga cocok dikunjungi untuk orang-orang yang kebetulan sedang lewat jalur tersebut.

Inilah enam destinasi wisata Tegal yang wajib dikunjungi seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Panas Guci dan Gua Lawa

1. Air Panas Guci

Salah satu wisata Tegal yang paling unik adalah pemandian air panas Guci ini. Tempat pemandian ini selalu ramai pada hari libur maupun pada akhir pekan.

Wisata Tegal satu ini terletak di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1.050m – 1.250 mdpl dan memiliki luas 20 hektare. Oleh karena itu, di perjalanan ke pemandian air panas Guci ini, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah dan asri sekitar Gunung Slamet.

Uniknya lagi, di tempat pemandian air panas ini, suhunya berbeda-beda tergantung tingkatan. Objek wisata Tegal ini memiliki 25 tingkatan suhu air yang bersumber dari Gunung Slamet itu sendiri. Terdapat beberapa air terjun dan pancuran air panas antara lain pancuran 5, pancuran 7 dan salah satu yang paling terkenal adalah sumber air panas Pancuran 13.

 

2. Gua Lawa

Wisata Tegal selanjutnya yang juga destinasi wisata yang unik, yaitu Gua Lawa. Gua Lawa ini merupakan tumpukan batu yang begitu eksotik dan tersusun secara alami, dengan puncaknya yang menjulang.

Dari puncak batu tersebut, kita disuguhkan dengan pemandangan alam Tegal yang begitu hijau. Banyak juga spot-spot foto lainnya yang dapat dijelajahi di Gua Lawa ini, selain di puncaknya. Bahkan, banyak juga yang berfoto di jalan menuju puncak, yang menampakkan posisi bebatuan di jalanan yang berbentuk gua.

3 dari 4 halaman

Wadas Kelir dan Waduk Cacaban

3. Wadas Kelir

Lagi-lagi destinasi wisata Tegal yang berbentuk susunan bebatuan. Perbedaannya dengan Goa Lawa, Wadas Kelir ini merupakan kumpulan bebatuan yang memiliki motif unik.

Wadas Kelir ini memiliki spot foto yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. Dari jauh pun perbukitan yang ada memiliki lanskap yang luar biasa.

Tempat yang dulunya adalah tempat penggalian pasir ini menjadi terkenal dengan banyaknya orang yang berfoto di sini. Motif-motif unik dari batunya tersebut yang menjadi daya tarik utama. Oleh karena itu, tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk berfoto untuk diunggah di Instagram kita.

 

4. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban ini dulunya diresmikan oleh Presiden RI pertama, yaitu Ir. Soekarno, pada tahun 1952. Destinasi wisata Tegal ini memiliki luas 40 hektare dengan ketinggian antara 85 m – 600 m dpl.

Waduk Cacaban juga terkenal sebagai obyek wisata yang ramai dikunjungi. Fasilitas yang tersedia sudah menunjang sebagai tempat wisata dan rekreasi keluarga seperti warung makan apung, areal pemancingan, wisata air, perahu dayung, kapal motor, musala, dan gardu pandang, sehingga pengunjung dapat menikmati hamparan luas pemandangan indah Waduk Cacaban.

Terdapat empat pulau di tengah waduk, yaitu Pulau Kenanga, Pulau Winong, Pulau Gendu, dan Pulau Rayan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan menggunakan kapal motor. Di waduk ini kita dapat menikmati suasana yang tenang dan asri, untuk menenangkan jiwa.

4 dari 4 halaman

Purwahamba Indah dan Jembatan Gantung Danawarih

5. Purwahamba indah

Wisata tegal Purwahamba Indah ini sudah meiliki fasilitas yang lengkap. Selain adanya tempat rekreasi seperti kolam renang, waterboom, arena bermain, dan wahana wahana lainnya, kawasan Purwahamba ini juga menawarkan keindahan alam wisata pantainya, yaitu Pantai Purwahamba Indah.

Berwisata ke Purwahamba Indah ini memang sangat lengkap dan dapat dinikmati siapa saja dari anak kecil sampai orang tua. Memiliki karakteristik Pantai Utara Jawa dengan kecepatan angin sedang dan ombak yang tidak terlalu besar. Tempat ini memiliki luas 13,5 hektare dan jarak tempuh dari Kota Slawi sekitar 20 km ke arah timur.

Banyaknya pilihan wisata di Purwahamba menjadikannya sebagai tujuan wisata favorit di wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Selain itu, banyak juga wisatawan dari luar kota yang juga berkunjung ke kawasan Obyek Wisata Purwahamba.

 

6. Jembatan Gantung Danawarih

Lagi-lagi wisata Tegal yang sangat cocok untuk berswafoto. Jembatan Gantung Danawarih ini merupakan spot yang sangat menarik dan unik.

Semua sudut Jembatan gantung ini memiliki spot yang Instagramable. Dari atas hingga bawah, satu ujung jembatan ke ujung lainnya, terbukti memiliki nilai sentimentilnya sendiri.

Jembatan ini melintasi sungai Kali Gung, yang penuh dengan batu kali besar nan eksotik, memiliki panjang lebih dari 270 meter dan berada di lansekap yang luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini