Tempat Wisata Bali, Mulai dari Wisata Alam hingga Belanja

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 25 Mar 2019, 14:55 WIB
Diperbarui 25 Mar 2019, 14:55 WIB
PM Malaysia Najib Tun Razak Pun Berlibur ke Pulau Dewata Bali
Perbesar
Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Tun Razak diam-diam memilih Bali untuk menikmati liburan Idul Fitri 2017 bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu dengan Bali? Salah satu wilayah di Indonesia ini sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok dunia. Bahkan saking terkenalnya, tempat wisata Bali yang membuat Indonesia bisa lebih terkenal lagi di mata orang asing.

Bali adalah salah satu provinsi yang berada di Indonesia yang memiliki luas kurang lebih 5 juta kilometer persegi dengan total populasi penduduknya kurang lebih 4 juta jiwa. Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk bali memeluk agama Hindu.

Bali terkenal hingga seluruh dunia karena tempat pariwisata, hasil seni, busaya, dan juga keunikan-keunikan lainnya yang tidak dimiliki oleh negara lain. Bali juga sering disebut dengan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Di Bali, kebudayaan dan adat masih sangat kental dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar. Banyak sekali kegiatan-kegiatan seni, budaya, hingga kegiatan-kegiatan adat yang masih di jaga oleh masyarakat di sana. Bahkan kegiatan ini dijadikan salah satu tujuan objek wisata yang ditunggu-tunggu.

Memiliki banyak tempat wisata, dan pengelolaan tempat wisata yang benar-benar baik. Membuat Bali menjadi destinasi wisata yang harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Karena letak geografisnya, Bali memiliki wisata alam yang sangat banyak terutama untuk wisata pantai, laut, hingga pegunungan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup, mulai dari wisata alam, pantai, hingga wisata kuliner yang sudah Liputan6.com rangkum Senin (25/03/2019)

2 dari 7 halaman

Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta, image: Sheraton Bali Kuta Resort
Perbesar
Pantai Kuta, image: Sheraton Bali Kuta Resort

Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi pertama adalah Pantai Kuta Bali. Pantai ini adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di sini. Selain memang sudah terkenal, Pantai Kuta Bali juga menjadi tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi karena keindahan dan suasananya yang sangat berbeda dengan pantai-pantai yang lain.

Meskipun sudah terkenal, dan banyak dikunjungi. Pantai Kuta Bali tidak pernah memberikan kesan bosan bahkan membuat pengunjungnya ingin kembali lagi kesana.

Jika kamu ingin pergi ke Pantai Kuta Bali, datanglah saat waktu menjelang sore hari. Karena di sini kamu bisa menyaksikan matahari terbenam dengan jelas. Ombak yang ada di Pantai Kuta Bali juga cocok untuk kamu peselancar pemula yang sedang belajar berselancar.

3 dari 7 halaman

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot
Perbesar
Ritual di Pura Tanah Lot, Tabanan, Bali. (Yudha Maruta/Liputan6.com)

Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pura Tanah Lot. Pura Tanah Lot memiliki keunikan yaitu terdapat pura di atas sebuah karang di pinggir laut. Pura Tanah Lot terdiri dari dua buah pura yang merupakan pura tempat memuja dewa laut dan sering digunakan untuk acara-acara adat oleh masyarakat Bali.

Masyarakat yang biasanya melakukan prosesi adat, akan ke sana jika saat air laut surut. Karena saat air laut pasang, di sekitar pura akan dikelilingi oleh air laut dan pura tidak bisa di datangi. Satu hal yang unik dari pura ini adalah terdapat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot.

4 dari 7 halaman

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana di Bali
Perbesar
Berikut keindahan patung Garuda Wisnu Kencana yang menjadi simbol Indonesia semakin dikenal dunia. (Foto: Dok. PT. SNN)

GWK adalah tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi selanjutnya. GWK terletak di Bukit Unggasan, Jimbaran, Bali. GWK adalah sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan.

Ikon utama dari GWK adalah sebuah patung raksasa berwujud Dewa wisnu yang dalam agama Hindu adalah seorang dewa pemelihara, yang sedang mengendarai burung Garuda. Patung ini merupakan karya dari pematung terkenal Bali yaitu I Nyoman Nuarta.

Kini Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu ikon penting Bali bahkan Indonesia. Patung raksasa ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. GWK juga menjadi patung terbesar di Asia dan dikatakan bahwa patung ini lebih tinggi dari pada Patung Liberty.

5 dari 7 halaman

Sanur

Sanur Village Festival
Perbesar
Sanur Village Festival

Sanur adalah salah satu nama Pantai yang ada di daerah Bali Selatan. Sanur juga menjadi awal perkembangan pariwisata di Bali Selatan. Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk kamu pecinta ketenangan.

Suasana pantai di Sanur memang lebih tenang dengan deru ombak dan angin tidak terlalu kencang. Di sepanjang bibir pantai terdapat pasir putih yang luas dan kursi-kursi yang siap memanjakan tubuhmu untuk menikmati suasana pantai asri nan sejuk karena masih banyaknya pepohonan di sana.

Jika kamu ingin ke sini, alangkah baiknya untuk datang mulai pagi hari hingga menjelang sore. Di pantai ini kamu tidak bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Di Sanur, kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya karena memang keadaan laut di sini cukup tenang dengan ekosistem yang masih bersih dan beragam.

6 dari 7 halaman

Ubud

Terasering Ubud
Perbesar
Terasering Ubud

Bosan dengan pantai? Jangan kuatir, tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi selain pantai juga ada Ubud. Ubud menyediakan wisata bidaya dan kesenian di Bali. Suasana pedesaan, hingga persawahan yang masih luas dan hijau, akan memanjakan matamu dan membuat fikiranmu menjadi segar kembali.

Banyak sekali kegiatan yang dapat kamu lakukan di Ubud, seperti bersepeda, menonton kesenian Bali, Ayung rafting, menonton tari kecak, pergi ke monkey forest, hingga wisata oleh-oleh khas Bali di pasar seni Ubud.

Ubud juga terkenal akan tempat penginapan yang menyajikan pemandangan pedesaan dan pemandangan alam yang menyejukkan. Berbagai pilihan disediakan di sini mulai dengan harga yang paling murah hingga yang paling mahal.

7 dari 7 halaman

Berburu oleh-oleh di Pasar Sukawati

Pasar Seni Sukawati
Perbesar
Pasar Seni Sukawati yang banyak menjajakan kain bermotif Bali. (dok. Instagram @novidermawan/https://www.instagram.com/p/BrJ9FkBgjoW/Esther Novita Inochi)

Berwisata di Bali tidak akan lengkap jika tidak membeli oleh-oleh di Pasar Sukawati. Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar ini menjual berbagai jenis oleh-oleh khas Bali mulai dari patung, baju, makanan, tas, dan karya seni khas bali lainnya.

Harga yang ditawarkan di Pasar Sukawati juga beragam. Tidak heran jika pasar ini menjadi primadona bagi para wisatawan untuk berburu oleh-oleh yang murah dan meriah. Jangan ragu untuk menawar dengan harga yang pas, karena di sini kamu bisa menawar sesuka hati.

Itulah beberapa tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi saat kamu ke sana. Masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Bali yang tidak kalah menarik dari tempat wisata di atas. Namun tidak ada salahnya jika kamu ke Bali, luangkanlah waktu untuk berkunjung kesalah satu tempat wisata di atas, karena tempat wisata di atas adalah tempat wisata yang sering dikunjungi dan tidak akan mengecewakan.

Lanjutkan Membaca ↓