Sukses

Ahli: Habiskan Waktu dengan Orang Tua Bantu Mereka Hidup Lebih Lama

In menjadi alasan baik pentingnya menghabiskan waktu bersama orang tua.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian yang menyoroti keadaan kakek-nenek yang kesepian, memberi alasan baik pentingnya menghabiskan waktu bersama orang tua. Penelitian dari Universitas California, San Fransisco mengungkapkan bahwa kesepian sangat terkait dengan menurunnya kesehatan seiring bertambahnya usia.

Dalam penelitian tersebut, 1.600 orang dewasa dengan usia rata-rata 71 tahun dilibatkan. Diketahui, mereka cenderung hidup lebih lama saat memiliki teman dan anggota keluarga yang mendukung.

Dalam 6 tahun penelitian ini berlangsung, 23 persen dari peserta yang kesepian meninggal dunia, sementara hanya 14 persen dari para lansia yang memiliki hubungan kuat dengan keluarga yang meninggal dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak negatif kesepian

Melansir dari Shared.com, efek negatif terhadap kesehatan dari merasa terisolasi dan kesepian begitu kuat sehingga banyak negara mengambil langkah serius untuk membantu warga merreka yang kesepian. Inggris bahkan menunjuk menteri yang fokus menangani kesepian.

Para ahli yang terlibat dalam penelitian tersebut setuju bahwa orang yang lebih tua sering diabaikan atau dilupakan. Ini membuat mereka tidak memiliki keterampilan sosial.

Ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama orang tua, bukan?

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.