Sukses

6 Tempat Wisata di Kuningan yang Hits dan Sayang Untuk Dilewatkan

Bentang alam membuat Kuningan memiliki banyak tempat wisata yang harus dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Kuningan terletak di bagian timur Jawa Barat. Kuningan merupakan perlintasan jalan yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah.

Bentang alam dari dataran tinggi sampai dataran rendah membuat Kuningan memiliki banyak tempat wisata yang harus kita kunjungi. Sehingga banyak tempat wisata di Kuningan yang berupa wisata alam yang memberikan kesejukan dan ketenangan.

Contoh dataran tingginya yaitu, terdapat Gunung tertinggi di Jawa Barat yaitu puncak gunung Ciremai (3.076 m). Gunung ini begitu terkenal sekarang ini di obrolan para pendaki gunung karena tantangan-tantangan dan keindahan yang diberikannya.

Tidak hanya itu, banyak juga tempat wisata di Kuningan yang merupakan curug, dan telaga yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran apa saja tempat wisata di Kuningan yang wajib masukd alam daftarlist tempat liburan? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/3/2019) daftar tempat wisata di Kuningan yang seru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam di Kuningan

1. Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung yang dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat ini dengan ketinggian 3078 MDPL (Meter Dalam Permukaan Laut) menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan dan menjadi gunung primadona di pulau Jawa. Medan pendakian yang dikenal menanjak dan curam ini menjadi keunikan tersendiri yang membuat adrenalin terpacu dan energy terasa terkuras habis jika kita berniat untuk mendaki hingga ke puncaknya.

Apabila ingin melakukan pendakian, kMU akan melewati beberapa zona yang berbeda, mulai dari perkebunan penduduk, hutan pinus, hutan pegunungan bawah & atas dengan pohon-pohon yang cukup besar, hutan dataran tinggi yang banyak ditumbuhi semak belukar termasuk bunga edelweis sampai dengan zona tanpa tumbuhan menjelang puncak, yang membuat petualangan di Gunung Ciremai menjadi semakin menarik.

2. Telaga Remis

Berada di kaki Gunung Ciremai, Telaga Remis menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona, asri dan sangat menyejukkan mata.

Telaga ini menawarkan udara pegunungan yang sejuk dan menenangkan. Tentunya sangat cocok untuk merefresh pikiran yang mulai penat akibat rutinitas harian.

Kegiatan wisata bersama keluarga akan semakin nyaman karena di tempat wisata di Kuningan ini sudah tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai, seperti mushola, saung, sepeda air, toilet dan fasilitas lainnya.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuningan yang Unik

3. Situ Walukut

Bagi kamu yang belum sempat datang ke Semeru, ada alternatif lokasi yang digadang-gadang mirip dengan Ranu Kumbolo namanya adalah Situ Wulukut. Situ Wulukut atau Situ Walukut merupakan sebuah danau cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang asri.

Memang ada sedikit kemiripan antara Ranu Kumbolo di lereng Semeru dan Situ Walukut, Nusaherang, Kuningan, yaitu keberadaan telaga dengan background perbukitan yang hijau. Pemandangan inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi traveller lokal untuk datang dan menikmati alam di tempat wisata di Kuningan ini.

4. Curug Sidomba

Tempat wisata di Kuningan ini berada di desa Peusing, Kecamatan Jalaksana. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Nama Curug Cidomba mungkin terdengar unik bagi wisatawan. Nama curug ini diambil karena binatang domba yang ada di daerah ini. Dengan ketinggian sekitar 3 meter, Curug Sidomba menawarkan sensasi liburan yang santai dan menenangkan.

Di tempat yang berhawa sejuk ini, kamu akan dimanjakan oleh suasana alam yang begitu asri dengan suara gemericik air yang begitu menenangkan. Apalagi di sini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai.

Jika perut lapar, ada restoran dengan menu khas daerah yang menggugah selera. Ada juga saung dan area bermain untuk anak-anak. Di lokasi wisata ini juga terdapat masjid dengan menara yang cukup tinggi, dimana ada 99 anak tangga yang bisa kamu lewati untuk mencapai puncak menara.

Jadi, di masjid ini kamu bisa beribadah dan lanjut ke menara untuk menikmati keindahan pemandangan di sekitar curug dari atas ketinggian.

4 dari 4 halaman

Liburan Seru Main Air

5. Curug Palutungan

Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang mengesankan dan kental dengan nuansa alami adalah Curug Putri Palutungan. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan. Bagi yang tertarik mencari tempat yang tenang dan asyik, curug ini bisa jadi jujukan kamu.

Tempat wisata di Kuningan berupa air terjun ini memiliki luas area sekitar 50 hektar dengan air terjun di dalamnya. Anda dapat melepaskan hobi anda seperti rafting, bersepeda, maupun trekking di kawasan tempat wisata Palutungan.

Objek wisata Palutungan tidak boleh kamu lewatkan saat berwisata ke Kuningan. Karena selain mudah diakses, tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang begitu cantik dengan lingkungan yang masih sangat asri. Berada di kaki Gunung Ciremai, Palutungan bukan hanya didominasi dengan lingkungan yang hijau saja tetapi juga hawa sejuk pegunungan yang bikin adem dan rileks.

Lokasi wisata ini sangat cocok untuk kegiatan camping maupun kegiatan wisata alam lainnya. Selain itu, di kawasan wisata ini juga terdapat dua buah curug yang menawan lainnya yaitu Curug Ciputri dan Curug Landung.

6. Telaga Nilem

Telaga dengan kejernihan air di atas rata-rata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan sebagai salah satu tempat wisata di Kuningan yang menyejukkan.  Pemandangan alamnya yang indah tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja, kamu bisa bersantai sembari menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Objek wisata ini sudah dilengkapi fasilitas pendukung yang cukup memadai, seperti mushola, toilet, gazebo dan beberapa warung makan dengan sajian yang khas dan menggugah selera.

Dari pegunungan, curug sampai telaga dimiliki Kuningan untuk kamu singgahi. Tempat wisata di Kuningan ini sangat sayang untuk kamu lewatkan bagi pendamba kesejukan dan keasrian di Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.