Sukses

Memilih Posisi Duduk yang Aman Saat di Kereta, Bepergian Jadi Nyaman

Pilih gerbong di tengah saat di kereta

Liputan6.com, Jakarta Pergi ke luar kota untuk urusan pekerjaan atau berlibur, beberapa orang lebih memilih sarana transportasi umum. Dari berbagai transportasi umum, banyak orang yang memilih kereta untuk menjadi transportasi umum favortinya. 

Kereta dianggap lebih aman dibanding transportasi umum lainnya seperti kapal ataupun pesawat. Dan jika hendak naik kereta, kamu sering bingung enaknya pilih tempat duduk di mana ya?

Nah, penasaran kan bagaimana cara memilih tempat duduk yang aman di kereta? Berikut Liputan6.com, Jum’at (22/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber posisi aman memilih tempat duduk di kereta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisi Tempat Duduk yang Aman di Kereta

Kereta api identik dengan bentuknya yang panjang dan memiliki banyak gerbong. Bagi Anda yang memiliki kekhawatiran akan keselamatan saat naik kereta, Anda bisa menyiasati dengan cara memilih posisi duduk yang tepat dan aman.

Ternyata, menurut ilmiah ada posisi tempat duduk yang paling aman untuk meminimalisir dampak buruk saat kecelakaan kereta terjadi.

Di kereta penumpang, posisi aman yang bisa Anda pilih saat bepergian dengan menggunakan kereta ada di bagian gerbong tengah. Kalaupun Anda tidak mendapatkan posisi pada gerbong tengah, ada alternatif lainnya. Anda bisa memilih satu gerbong di belakang gerbong tengah.

Pada saat terjadi kecelakaan, hampir rata-rata terjadi datangnya dari depan. Hal ini membuat gerbong pertama dan kedua adalah gerbong yang mendapat hantaman paling keras saat terjadi kecelakaan.

Selain itu, beberapa kecelakaan juga terjadi dari belakang, namun ini sangat jarang terjadi. Sedangkan pada bagian tengah gerbong, keruskan tidak akan terlalu parah.

Gerbong pada bagian tengah tidak terlalu memberikan banyak dampak. Biasanya pada kecelakaan kereta api akan memnimbulkan dampak gerbong pertama dan paling belakang, bahkan tak jarang keduanya mengalami keluar dari rel.

3 dari 3 halaman

Tempat Duduk yang Kurang Aman di Kereta

Nah, untuk tempat duduk yang paling tidak aman di kereta api adalah pada posisi yang menghadap ke arah depan. Hal ini disebabkan karena orang yang duduk di sana bisa jatuh saat kereta harus melakukan rem mendadak, terutama di gerbong pertama dan akhir kereta.

Kalau memang Anda benar-benar tidak mendapatkan posisi gerbang di tengah, Anda bisa memilih cara lainnya untuk terhindar dari kecelakaan. Anda bisa memilih dan mempertimbangkan arah duduk.

Ya, Anda bisa memilih kursi yang posisinya menghadap ke belakang. Karena pada kebanyakan kasus kecelakaan kereta, Anda akan terdorong ke depan saat ada pengereman darurat.

Memilih untuk duduk kebalikan arah ini akan memberikan dorongan tambahan untuk menahan tubuh agar tidak kaget dan goyah saat rem mendadak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini