Seperti Ini Kepribadian Seseorang yang Hobi Menggigit Kuku

Oleh Liputan6.com pada 22 Mar 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 22 Mar 2019, 18:00 WIB
Gigit jari kuku

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki kebiasaan unik yang sulit dihilangkan, seperti menggigit kuku. Selain para bocah, ternyata kebiasaan mengingit kuku banyak dilakukan orang dewasa lo. Apakah kamu termasuk?

Menggigit kuku memang menjadi kebiasaan yang tidak berbahaya, namun tetap memiliki konsekuensi kesehatan tertentu. Menggigit kuku dapat menyebabkan berbagai konsekuensi seperti bentuk kuku yang kurang baik, perlahan-lahan melemahkan fungsi gigi, dan sayangnya juga dapat menyebabkan infeksi tertentu kukumu.

Terlepas dari sadar tidaknya kamu melakukan kebiasaan tersebut, ternyata kegiatan menggigit kuku bisa menjelaskan kondisi orang tersebut dan bahkan kepribadiannya. Ilmuwan menyebut hal ini sebagai 'perilaku berulang yang terfokus pada tubuh'.

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2015, dalam Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry menemukan bahwa orang-orang yang secara kompulsif punya kebiasaan menggigit kuku cenderung perfeksionis.

 

 

2 dari 2 halaman

Mudah Frustasi

Gigit jari kuku
Ilustrasi Foto Gigit Jari Kuku (iStockphoto)

Menggigit kuku menjadi tindakan pengalih perhatian untuk mencoba menyingkirkan kebosanan, ketidaksabaran, kecemasan atau ketidakpuasan. Karena menggigit kuku mampu memberi rasa nyaman dan pelepasan emosi, dibanding tidak melakukan apa-apa, mereka memilih menggigiti kuku secara berulang sebagai cara mencari penghiburan.

Selain itu, seseorang yang hobi menggigit kuku cenderung lebih mudah frustrasi, terlalu sering merencanakan hal secara berlebihan, bekerja secara berlebihan, dan frustrasi jika tak ada kegiatan yang pasti dalam kehidupanmu sehari-hari.

Bagimu, menggigit kuku memang bisa menghilangkan frustrasi sejenak. Tapi, kamu perlu memikirkan akibat jangka panjang bagi kukumu ya.

Reporter:

Febi Anindya Kirana

Sumber: Fimela.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓