4 Kesalahan yang Tak Disadari Sering Dilakukan Saat Order Minuman

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 22 Mar 2019, 18:15 WIB
Ilustrasi kafe

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang datang ke kafe atau restoran untuk sekadar nongkrong bersama teman. Atau untuk mengerjakan tugas sekolah ketimbang harus tinggal di kamar. Namun, pernah nggak sih kamu memilih menu terlalu lama sehingga membuat pengunjung lain kesal karena harus antre panjang? 

Nah, hal tersebut adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat order minuman. Tak hanya itu saja, terdapat bermacam-macam kesalahan lain yang seringkali merugikan pengunjung lain ataupun bagi bartender yang bertugas.

Untuk itu, yuk simak 4 kesalahan yang sering dilakukan saat order minuman menurut para ahli, yang dihimpun Liputan6.com dari Insider, Jumat (22/3/2019).

2 of 5

1. Berpikir terlalu lama di depan counter pemesanan

Ilustrasi kafe
Ilustrasi kafe (Sumber Pexels)

Ketika situasi kafe sedang ramai, para bartender berharap kamu sudah memutuskan menu minuman apa yang akan kamu beli. Untuk itu, jangan berpikir terlalu lama di depan counter pemesanan karena akan membuat antrian semakin panjang.

3 of 5

2. Order minuman yang sulit dibuat saat ramai

Ilustrasi kafe
Ilustrasi kafe (Sumber Pexels)

Untuk menghargai bartender dan pengunjung lain, hindari memesan menu minuman yang sulit dibuat, apalagi ketika situasi kafe sedang ramai.

Selain itu, pesanan kamu juga tidak akan kunjung datang karena butuh waktu yang tidak sebentar untuk membuatnya.

4 of 5

3. Memakai istilah yang tidak umum

Ilustrasi kafe
Ilustrasi kafe (Sumber Pexels)

Sangat penting untuk menghindari istilah-istilah yang tidak umum seperti menyingkat menu pesanan. Pasalnya, kedai minuman identik dengan suara yang bising.

Jika sedang tidak beruntung, kamu justru akan mendapat minuman yang tidak sesuai dengan pesanan. Dan juga, gunakan suara yang lantang dan jelas agar bartender tidak salah dengar.

5 of 5

4. Banyak permintaan saat order

Ilustrasi kafe
Ilustrasi kafe (Sumber Pexels)

Saat sedang order minuman, pasti ada pengunjung yang punya banyak permintaan atau pengecualian. Misalnya, minuman dibuat tanpa komposisi tertentu agar sesuai dengan selera. Bisa juga dengan mengajak bicara sang bartender.

Menurut ahli, meski sudah susah-susah membuat pesanan spesial kepada bartender, terkadang permintaan tidak akan bisa sesuai. Pasalnya, nggak semua orang tahu selera minuman yang paling disuka.

Alih-alih memberi banyak permintaan, kamu bisa menanyakan kepada bartender, jenis minuman apa yang paling direkomendasi dari kafe atau kedai minum tersebut. Biasanya, minuman yang paling direkomendasi akan cocok dengan semua lidah.

Lanjutkan Membaca ↓