Hanya Ditemani Kak Ros, Siapa Sebenarnya Sosok Orangtua Upin Ipin?

Oleh Tyas Titi Kinapti pada 22 Mar 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 22 Mar 2019, 17:15 WIB
[Bintang] 5 Pelajaran Baik yang Bisa Kamu Ambil dari Kartun Upin & Ipin
Perbesar
Banyak disukai anak-anak, ini 5 pelajaran baik dari kartun Upin & Ipin. (Via: Malay Mail Online)

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang enggak kenal tokoh kartun dari negeri Jiran, Upin Ipin? Tokoh kartun kembar ini enggak cuma menghibur tetapi juga banyak pesan moral yang bisa kamu petik dari setiap karakter tokohnya. Tidak hanya anak-anak saja, remaja hingga dewasa pun juga menyukai kartun berbahasa Melayu ini.

Serial Upin Ipin menceritakan tentang keseharian Upin-Ipin bersama kawan-kawannya, tentunya dengan aksi yang lucu dan menggemaskan. Serial kartun yang satu ini kerap menampilkan persahabatan Upin Ipin dan kawan-kawan yang penuh keasyikan.

Teman Upin Ipin yakni Jarjit, Mail, Mei Mei, Ehsan, Susanti, Dzul dan Fizi menjadi tokoh-tokoh ikonik dalam serial kartun ini.Terlepas dari itu semua, apakah kamu pernah bertanya siapa kah sosok orang tua bocah kembar itu?

Pasalnya, orang tua Ipin-Ipin tidak pernah muncul sejak episode pertama. Nah, daripada penasaran siapa sosok orang tua si kembar, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber sosok orangtua Upin Ipin. Jumat (22/3/2019)


Sosok Orang Tua Upin Ipin

Orang Tua Upin Ipin (Sumber: Brillio)
Perbesar
Orang Tua Upin Ipin (Sumber: Brillio)

Banyak yang menebak bahwa orang tua Upin-Ipin telah tiada, jawaban tersebut benar adanya. Karena pada episode akhir serial kartun Upin-Ipin, menceitakan bahwa kedua orang tua si kembar memang sudah meninggal.

Namun, siapakah sosok orang tua Upin Ipin? Nah, terungkapnya wujud orangtua Upin Ipin ini terjadi tepat di hari ulang tahun Upin & Ipin. Dalam perayaan hari ulang tahu tersebut, Opah memberikan kado berupa sebuah foto yang bertuliskan Mak, Abah, Kak Ros, Upin & Ipin.

Dalam foto tersebut, terlihat foto Kak Ros saat masih kecil dan Upin-Ipin saat bayi yang sedang digendong oleh kedua orang tuanya. Sayangnya dalam foto tersebut tidak memperlihatkan wajah orang tua dari bocah kembar penyuka ayam goreng ini.


Ayah Upin-Ipin

Dari foto tersebut juga  terungkap bahwa ayah dari Upin-Ipin bekerja sebagai tentara. Meskipun tidak terlalu jelas, akan tetapi dalam seragam tersebut terdapat lencana dengan tulisan “Abdul Salam”, nama dari ayah si kembar

Pada season 8 berjudul “Kenangan Mengusik Jiwa”, sosok ayah Upin dan Ipin diceritakan sebagai seorang tentara yang telah gugur. Dalam adegan tersebut, diperlihatkan seragam tentara, lencana, dan juga penghargaan sang ayah yang disimpan dalam koper.

Ibu Upin-Ipin

Sementara untuk kisah ibu dari kedua bocah ini ditampilkan saat episode “Hari Ibu”. Pada saat itu, Upin Ipin kebingungan lantaran dirinya tak punya ibu, dan seluruh teman-temannya sibuk menyiapkan hadiah untuk Ibunya.

Opah atau neneknya pun menemukan cara memperingati hari ibu ala mereka sendiri, yaitu dengan berdoa di makam kedua orang tua mereka. Tak lupa, Upin Ipin  memberikan kejutan buat Opah yaitu kartu ucapan sayang kepada Opah.

Dalam episode itu, Upin-Ipin juga bertanya kepada neneknya tentang sosok ibunya. Neneknya menceritakan jika Ibu Upin dan Ipin suka menolong, lembut dan penyayang. Dia juga memiliki tahi lalat seperti neneknya. Sayangnya, nama sosok Ibu Upin-Ipin  tak disebutkan siapa namanya.


Lupa Membuat Karakter Orang Tua

Usut punya usut,  ditelusuri dari berbagai sumber. Ternyata orangtua Upin dan Ipin tidak ditampilkan dalam  serial ini lantaran lupa membuat karakternya. Pihak Les 'Copaque, studio yang membuat serial ini, mengaku bahwa awal pembuatan tidak ada niat untuk membuat orangtua Upin dan Ipin meninggal.

Namun, gara-gara deadline yang memaksa mereka untuk segera merilis episode terbaru, hingga akhirnya orang tua Upin dan Ipin diceritakan sudah meninggal.

Nah, itu dia sosok orang tua Upin-Ipin. Gimana? Rasa penasaranmu sudah tuntas terjawab bukan? 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya