Sukses

9 Kebiasaan Unik dan Sederhana Ini Ternyata Bisa Selamatkan Lingkungan

Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab semua manusia di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab semua manusia di dunia. Usia bumi yang semakin tua, perlu adanya tindakan manusia untuk selalu menjaganya. Telah banyak kampanye tentang menjaga lingkungan oleh berbagai kalangan. Mulai dari para aktivis LSM pemerhati lingkungan hingga ke tokoh penting lainnya.

Menjaga lingkungan memang membutuhkan kesadaran dari dalam diri seseorang. Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi ini. Salah satu contoh menjaga kelestarian lingkungan seperti yang telah diterapkan oleh masyarakat di Malaysia.

Warga negara Malaysia telah menerapkan beberapa kebiasaan yang mampu menjaga lingkungan dari kerusakan. Sebagian besar kebiasaan mereka adalah menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan dan memanfaatkan barang bekas.

Dilansir Liputan6.com dari World of Buzz, berikut 9 kebiasaan unik dan sederhana warga Malaysia sebagai upaya menjaga lingkungan, Kamis (21/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan Unik dan Sederhana

1. Membawa tas belanja yang dapat digunakan kembali

Alasannya sebenarnya adalah masyarakat tak ingin membayar lebih untuk plastik yang mereka gunakan membawa belanjaan. Mereka harus membayar kantong plastik seharga 20 sen atau sekitar Rp 600.

2. Pergi ke suatu tempat bersama teman dengan satu kendaraan

Di Malaysia anak remaja akan pergi ke suatu tempat menggunakan satu mobil. Mereka beralasan hanya ingin menghemat bensin. Namun cara ini cukup jitu untuk mengurangi polusi dan menghemat energi.

3. Menggunakan kertas koran bekas untuk dijadikan taplak meja

Kebiasaan orang Malaysia adalah tidak suka membuang barang yang sebenarnya dapat digunakan kembali. Contohnya kertas koran. Mereka akan menganyam lembaran koran untuk dijadikan taplak meja.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan Unik dan Sederhana

4. Lebih memilih membeli baju bekas

Masyarakat Malaysia menganggap bahwa pencemaran lingkungan terbesar adalah dari limbah tekstil. Itu mengapa mereka kerap membeli baju bekas yang ditawarkan di beberapa pasar dan toko di sana.

5. Memanfaatkan kotak es krim bekas

Masyarakat Malaysia memanfaatkan kotak es krim bekas untuk menyimpan makanan beku seperti ikan, daging dan ayam.

6. Mengisi ulang botol sabun dan sampo

Mengisi ulang botol sabun dan sampo atau mencampur sabun atau sampo botol yang masih isi dengan air sehingga masih dapat digunakan dengan waktu yang lebih lama. Selain menjaga lingkungan juga menghemat biaya.

4 dari 4 halaman

Kebiasaan Unik dan Sederhana

7. Membawa botol minuman sendiri

Di Malaysia, jika kamu membawa tempat minum sendiri di sebuah kafe maka kamu berhak mendapatkan potongan harga.

8. Mendaur ulang pakaian 

Masyarakat Malaysia menggunakan pakaian lama yang dirombak ulang agar terlihat baru dan layak.

9. Mengikat pensil yang sudah pendek dengan karet

Masyarakat Malaysia mengikat pensil yang sudah pendek menggunakan karet. Hal sederhana ini mampu mengurangi penebangan hutan kayu untuk pembuatan pensil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini